Dilantik Jadi Penjabat Gubernur Papua Barat, Ini Total Harta Kekayaan Paulus Waterpauw

 Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw dilantik menjadi Penjabat (pj) Gubernur Papua Barat, Kamis (12/5/2022) pagi.

Istimewa
Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Paulus Waterpauw menjadi Penjabat (pj) Gubernur Papua Barat.

Prosesi pelantikan dilakukan di Kantor Kemendagri, Jakarta, Kamis (12/5/2022) pagi.

Berdasarkan data yang dilihat Kompas.com dalam situs elhkpn.kpk.go.id milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Paulus mempunyai harta kekayaan mencapai Rp 10.643.026.000.

Angka tersebut diketahui dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang disampaikan pada 31 Maret 2018 atau laporan periodik 2017.

Baca juga: Dilantik, Ini Profil Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw

Saat itu, Paulus menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut).

Berdasarkan data LHKPN tersebut, Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri ini tercatat memiliki 20 lahan dan bangunan senilai Rp 3.748.026.000.

Lahan dan bangunan itu tersebar di Kota Jayapura, Kota Mimika, Kota Sidoarjo dan Kota Bandung.

Selain itu, mantan Kepala Badan Intelijen Keamanan (Kabaintelkam) Polri ini tercatat memiliki satu kendaraan berupa mobil dengan harga saat itu Rp 495.000.000.

Paulus juga mempunya kas dan setara kas senilai Rp 4.500.000.000 serta harta lainnya senilai Rp 1.900.000.000.

Baca juga: Ini Tugas Berat Paulus Waterpauw Kalau Jadi Penjabat Gubernur Papua Barat

Berdasarkan LHKPN periodik 2017 itu, pria kelahiran Fakfak tahun 1963 ini tidak tercatat memiliki utang, sehingga total harta kekayaannya mencapai Rp 10.643.026.000.

Mendagri juga melantik empat penjabat gubernur lain untuk menggantikan gubernur yang masa jabatannya berakhir pertengahan Mei ini.

Mereka adalah Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Penjabat Gubernur Banten dan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Jamaludin sebagai Penjabat Gubernur Bangka Belitung.

Kemudian, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Barat serta Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Hamka Hendra Noer sebagai Penjabat Gubernur Gorontalo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw Punya Harta Rp 10,6 Miliar

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved