Pendidikan

[HANYA DI PAPUA] Siswa SD di Tolikara Ikuti Ujian Mapel Kesenian Kenakan Baju Adat

Dalam ujian sekolah mapel Kesenian tersebut, pihaknya menilai para siswa dengan tampilan pakaian adat menarik, dan juga digekar tari-tarian.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Jeremy Tingginehe for Tribun-Papua.com
BUDAYA PAPUA - Para peserta didik Sekolah Dasar (SD) YPPGI Mamit Kabupaten Tolikara Papua, yang mengenakan baju adat khas Suku Lani Tolikara, untuk mengikuti ujian sekolah Kesenian, Jumat (13/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Para peserta didik di Sekolah Dasar (SD) YPPGI Mamit Kabupaten Tolikara Papua, mengikuti ujian Mata Pelajaran (Mapel) Kesenian dengan menggunakan baju adat khas Papua.

Salah satu guru SD YPPGI Mamit Jeremy Tingginehe, saat dihubungi Tribun-Papua.com Jumat (13/5/2022) mengatakan kegiatan tersebut memang dilakukan untuk tujuan melestarikan budaya daerah.

"Sekolah memang melalui mata pelajaran Kesenian, membuat para murid bangga dengan pakaian daerah, khususnya pakaian adat Papua," katanya.

Baca juga: Vaksinasi Presisi Digelar di Tolikara, Polisi: Ayo Vaksin, Warga Jangan Takut Berita Hoaks

Dalam ujian sekolah mapel Kesenian tersebut, pihaknya menilai para siswa dengan tampilan pakaian adat menarik, dan juga digekar tari-tarian dan menyanyikan lagu daerah.

"Masing-masing siswa maupun siswi tampil dengan bakatnya masing-masing, dan ini menunjukkan semangat dan bangga mengenakan baju adat," katanya.

 

 

Tak hanya baju adat, para siswa yang mengikuti ujian sekolah Kesenian itu juga membawa alat-alat musik tradisional maupun modern dan dipentaskan di depan kelas untuk mendapatkan nilai.

"Ini sekali lagi diadakan untuk selain mengasah keterampilan dan bakat dari para peserta didik, juga dibuat untuk memperkenalkan budaya daerah kepada anak-anak sejak dini, terlebih rasa bangga yang harus mereka punya," tambahnya.

Baca juga: Otsus Solusi Bangkitnya Seni Budaya di Tanah Papua, Bupati Mathius: Pendidikan Tidak Boleh Kaku

Secara umum, baju adat khas Papua yang dikenakan para siswa tersebut merupakan baju Suku Lani di Kabupaten Tolikara Papua, yang tampak anggun bagi para wanita dan perkasa bagi para pria.

"Anak-anak juga senang dan antusias mengikuti ujian, karena yang mereka belajar dan diujiankan adalah budaya mereka sendiri, dan identitas pribadi sebagai anak adat juga," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved