Papua Barat Terkini

Paulus Waterpauw Jadi Pj Gubernur, Yan Mandenas: Semua Rakyat Papua Barat Harus Dukung!

Deputi BNPP Kemendagri itu dinilai sebagai sosok yang sangat paham situasi dan dinamika politik di Papua Barat.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
Paulus Waterpauw usai dilantik Mendagri Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Papua Barat di Kantor Kemendagri, Kamis (12/5/2022).(dok. Sekretariat Presiden) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Paulus Waterpauw dinilai sebagai sosok yang tepat untuk memimpin Papua Barat di masa transisi kepemimpinan kepala daerah.

Anggota DPR RI, Yan Mandenas, menyebut Deputi Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) itu sebagai sosok yang sangat paham situasi dan dinamika politik di Papua Barat, termasuk masalah keamanan.

“Jadi saya pikir (penunjukkan Paulus Waterpauw) tidak perlu diperdebatkan lagi,” ungkap Yan Mandenas kepada Tribun-Papua.com, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Tito Karnavian Lantik 5 Penjabat Gubernur, Yan Mandenas: Tidak Perlu Diperdebatkan!

Lagipula, sambung Mandenas, Paulus Waterpauw adalah putra daerah asli Papua Barat.

“Beliau juga adalah satu-satunya tokoh Papua yang menonjol di tingkat nasional,” terangnya.

Dengan demikian, Mandenas meminta masyarakat Papua Barat untuk menghentikan polemik penunjukkan Paulus Waterpauw oleh Presiden Joko Widodo melalui Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian tersebut.

Mandenas meminta seluruh masyarakat Papua Barat mendukung Paulus Waterpauw.

“Inilah pilihan terbaik yang pemerintah pusat berikan untuk mengawal transisi pemerintahan di Papua Barat, termasuk juga dalam mempersiapkan pemilu 2024, dalam hal ini Pilpres 2024 dan Pilkada 2024 di tingkat daerah,” jelasnya.

“Polemik yang ada segera diakhiri dan elite politik di daerah segera mampu mengendalikan masyarakat dan kelompok pendukung lainnya, sehingga situasi ini tidak menunjukkan intensitas pro – kontra yang tinggi, tapi segera kita fokus mendukung Paulus Waterpauw,” sambungnya lagi.

Baca juga: Banyak Pemain Persipura Hengkang, Yan Mandenas: Mereka Terlalu Nafsu Godaan Klub Lain!

Mandenas juga meminta pihak keamanan untuk terus melakukan langkah investigatif terhadap indikasi konflik yang akan muncul dari penunjukkan pj gubernur di Papua Barat. (*)

 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved