Hanya di Papua

Hanya di Papua, Tunjangan Kepala Daerah Habis buat Sewa Pesawat: Begini Cerita Wakil Bupati Yahukimo

Yahukimo memiliki luas 17.152 KM persegi, dan terbagi menjadi 51 distrik/kecamatan dan 517 kampung. Sekali sewa pesawat Rp35 juta. Akses masih susah.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram ketika membawa bantuan ke Distrik Apalapsili menggunakan pesawat carteran dari Dekai, Yalimo, Papua, Selasa (10/5/2022)(Dok Pribadi Esau Miram) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Kabupaten Yahukimo, Papua, memiliki luas 17.152 KM persegi, dan terbagi menjadi 51 distrik/kecamatan dan 517 kampung.

Lokasinya berada di wilayah pegunungan tengah Papua.

Demografi Yahukimo merupakan kawasan perbukitan dengan ketinggian maksimal mencapai 3.500 meter di atas permukaan laut (MDPL).

Jarak antar distrik bahkan antar kampung di Yahukimo, umumnya berjauhan dan belum terakses oleh moda transportasi darat.

Hal ini yang kemudian membuat tugas bagi kepala daerah di Yahukimo menjadi agak lebih berat karena untuk mengunjungi distrik tertentu, mereka harus menyewa pesawat berbadan kecil.

Baca juga: Mahasiswa Puldama Yahukimo Tolak Distriknya Dipindahkan ke Pegubin, Yesman Wesal: Stop Giring Isu

Seperti yang diakui oleh Wakil Bupati Yahukimo Esau Miram, ia yang belum lama ini berkunjung ke Distrik Apalapsili, Kabupaten Yalimo, untuk menyalurkan bantuan, harus menyewa pesawat.

Saat itu, Esau yang bertolak dari Distrik Dekai, ibu kota Yahukimo, harus membawa bahan makanan untuk sekolah penginjilan di Apalapsili, harus merogoh kocek hingga puluhan juta untuk biasa transportasi.

"Carter pesawat dari Dekai ke Apalapsili itu Rp 35 juta untuk satu kali jalan, jadi pulang pergi Rp 70 juta," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (13/5/2022).

Penyaluran bantuan tersebut dilakukan karena banyak pelakar dari Yahukimo bersekolah di sekolah tersebut, dan ia mendapat kabar bahwa mereka membutuhkan bantuan bahan makanan.

Namun Esau menjelaskan, perjalanan ke Apalapsili, sama seperti saat ia melakukan kunjungan kerja ke distrik-distrik di Yahukimo.

Akses transportasi darat di Yahukimo hanya tersedia di Distrik Kurima, Tangna dan Mugi, itu pun rutenya tersambung dari Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Sedangkan akses di Distrik Sekai sebagai ibu kota kabupaten, belum tersambung ke mana pun.

Hal ini yang kemudian membuat Esau dan Bupati Yahukimo, serta pejabat di Yahukimo, mengandalkan penerbangan untuk menuju ke distrik atau kampung-kampung.

"Biaya (carter pesawat) paling tinggi Rp 35 juta dan yang paling rendah Rp 25 juta, itu untuk sekali jalan," kata Esau.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved