Nasional

Tak Pakai Masker, Menkes : Masyarakat Indonesia Sudah Miliki Daya Tahan Terhadap Varian Baru

Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19 dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker

Editor: Musa Abubar
Dokumen Kemenkes
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19 dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker di ruang terbuka.

Hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pandemi ke endemi sesuai dengan kebijakan yang diumumkan sebelumnya oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Pengganti Jokowi: Sinyal Koalisi 2 Parpol Besar, Banteng dan Garuda Ikat Janji?

Salah satu hal terpenting untuk mencapai tahapan tersebut adalah pemahaman masyarakat terkait perilaku hidup sehat yang merupakan tanggung jawab masing-masing individu.

​​“Belajar dari sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga,"kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam jumpa pers secara daring bersama Satgas Penanganan Covid-19, Selasa (17/5/2022) dikutib dari kemkes.sehat negeriku.

Baca juga: Kagumi Sosok BTM, Fendius Tampil Beda dengan Adat Pegunungan di Acara Perpisahan BTM-HARUS

"Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap,”ujarnya lagi.

Pelonggaran juga dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di dunia.

Menurut Budi, berdasarkan pengamatan Kemenkes pada perkembangan Covid-19 di Indonesia dan global, masyarakat Indonesia sudah memiliki daya tahan terhadap varian baru yang saat lagi beredar diseluruh dunia dengan cukup baik, yang secara ilmiah dibuktikan melalui sero survey.

Baca juga: Sepulang dari Amerika, Jokowi Berkemas Siap Tinggalkan Istana Presiden

Lanjut dia, dan secara praktis dan realitanya dibuktikan dengan kasus di Indonesia yang cenderung menurun dan relatif lebih kecil untuk varian yang sama dibandingkan negara-negara lain seperti China, Taiwan, dan Amerika Serikat

Ada sejumlah pengecualian yang mengharuskan seseorang memakai masker, antara lain berkegiatan di ruangan tertutup dan di transportasi publik,

Masker masih diwajibkan untuk populasi rentan (lansia, memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin), dan bagi mereka yang bergejala seperti batuk, pilek, dan demam.

Baca juga: Juni Nanti, Perbakin Papua Gelar Musyawarah Olahraga Provinsi dan Kejuaraan Menembak 2022

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved