Kebun Raya Bogor

Komitmen BRIN Jadikan Kebun Raya sebagai Platform Global Riset Botani

Tata kelola Kebun Raya Bogor akan terus dibenahi yang memungkinkan para periset botani fokus melaksanakan aktivitas riset

Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
WAHANA EDUKASI – Jajaran BRIN foto bersama sebelum peresmian wahana edukasi dan penanaman pohon serentak bersama 23 kebun raya Indonesia. Kegiatan itu akan tercatat dalam MURI sebagai kegiatan penanaman pohon terbanyak serentak di Kebun Raya. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAKARTA - Selama dua abad lebih, perjalanan konservasi ex Situ tumbuhan terancam kepunahan. Habitat aslinya menjadi tanggung jawab abadi kebun raya di Indonesia.

Membangun soliditas dan komitmen bersama seluruh kebun raya menjadi keniscayaan. Memeringati HUT Ke-205 Kebun Raya Bogor, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan peresmian wahana edukasi dan penanaman pohon serentak, bersama 23 kebun raya Indonesia, Rabu (18/5) di Kebun Raya Bogor.

Kritik Pemekaran Papua, Peneliti BRIN: Dikhawatirkan Terjadi Remiliterisasi Lewat Kodam-kodam Baru

Hal itu dikatakan Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko. Komitmen BRIN untuk menjaga dan menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai platform riset ilmu botani yang tidak hanya dalam skala lokal, tetapi juga global.

Oleh karena itu, tata kelola Kebun Raya Bogor akan terus dibenahi yang memungkinkan para periset botani fokus melaksanakan aktivitas riset yang terdepan di bidangnya.

Handoko juga mengatakan, dalam rangka memperkuat posisi dan manfaat kebun raya, BRIN telah menginisiasi perubahan Peraturan Presiden tentang Kebun Raya.

BRIN Bangun Rumah Tahan Gempa di Lebak Banten, Dihargai Senilai Rp 575 Juta

Perubahan Peraturan Presiden guna mendorong integrasi kebun raya daerah yang tidak sekadar menjadi kawasan konservasi ex-Situ, tapi juga pusat edukasi sains serta pembinaan UMKM berbasis teknologi.

Selain itu, BRIN juga mendorong pembangunan kebun raya di Kawasan industry bersama pengelola Kawasan industry.

“Kelak ini akan menjadi Kawasan Sains dan Teknologi (KST) di berbagai daerah” katanya.

Kabar Baik, Jokowi Sebut Kemeristek dan BRIN Telah Berhasil Kembangkan Alat Tes Covid-19

Sampai saat ini, terdapat 45 kebun raya di Indonesia, dengan rincian lima kebun raya berada di bawah pengelolaan BRIN yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi, Kebun Raya Eka Karya Bali serta Kebun Raya Cibinong.

Sementara itu di terdapat lima kebun raya di kelola oleh Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi, 32 kebun raya oleh Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten/Kota dan terakhir tiga kebun raya di kelola oleh Perguruan Tingggi.

Data Base Wilayah Adat Harus Ada Kebun Coklat dan Sagu, Bupati Mathius: Tidak Boleh Gagal Lagi!

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved