Hukum & Kriminal

5 Penyelundup Ditangkap di Laut Jayapura, Paket Ganja Kering Disita: Dua Pelaku Warga PNG

Semua barang yang ditemukan dalam speedboat tersebut tidak disertai dokumen lengkap. Penyelundup ditangkap saat melintasi laut Jayapura.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Konferensi Pers - Lantamal X Jayapura tangkap lima terduga penyelundup ganja di perairan laut Skouw Sae Jayapura, Senin (23/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tim Third Fleet Quick Response (TFQR) Satrol Lantamal X menangkap dua warga negara Papua Nugini (PNG) dan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) di perairan utara Skouw Sae Jayapura.

Satu paket ganja kering disita dari longboat yang digunakan pelaku, Senin (23/5/2022).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL X di Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feryanto P Marpaung menjelaskan kronologis penangkapan para pelaku. 

"Sesuai dasar telegram perintah gerak komandan Lantamal X No 4/V/2022, Patkamla Pulau Enggros melaksanakan operasi Pamtas di perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia," ujar Marpaung saat merilis pelaku di markasnya, dihadiri Tribun-Papua.com.

Baca juga: 5 Warga PNG Penyelundup 21 Kg Ganja Siap Edar Ditangkap di Jayapura

Feryanto melanjutkan, pada pukul 15.00 WIT, jaringan intel menerima informasi akan adanya barang masuk dari Papua Nugini menuju Indonesia. 

"Kemudian selanjutnya jaring intel berkoordinasi dengan Satrol Lantamal X, dan sekiranya pukul 15.30 WIT, Tim TFQR Satrol Lantamal X melaksanakan patroli dan pemantauan identifikasi speed boat yang akan melintasi perairan Skouw Sae," jelasnya. 

Kurang lebih satu jam, tim bergerak dari Satrol Lantamal X menuju utara perairan Skouw Sae Jayapura.

Tim Reaksi Cepat Lantamal X melihat dari kejauhan terdapat sebuah speedboat yang bergerak dari arah timur ke barat. 

"Setelah mengamati, sesegera mungin Tim Reaksi Cepat melakukan pengejaran dan tidak membutuhkan waktu yang lama karena didukung sarana penunjang yang mumpuni, sehingga kurang dari 15 menit, speed boat yang menjadi target dapat dikejar dan dihentikan," katanya. 

Setelah dihentikan dan dilakukan pemeriksaan, didapati 5 orang dewasa yang terdiri dari 2 wanita asal Papua Nugini berinisial LP (60) dan MP (38), serta 3 pria asal Indonesia inisial MA (58), JA (26), dan JS (71).

"Di atas speedboat tersebut ditemukan komoditi Pinang, jerigen dan beberapa handphone, serta setelah dilakukan pemeriksaan lebih mendalam ditemukan 1 paket ganja kering," papar Marpaung.

Baca juga: 4 Penyelundup Asal Negara PNG Ditangkap di Laut Jayapura

Adapun barang bukti yang disita berupa 1 unit speedboat warna putih, 1 unit mopel 40 pk merek Yamaha, 320 Hoky atau tangkai Pinang,1 paket ganja kering, 2 jerigen BBM kosong, 1 jerigen BBM isi 35 liter, dan 8 buah handphone.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved