Pemkab Jayapura

Dinkes Kabupaten Jayapura Dukung Kongres AMAN, Siapkan Tim Kesehatan hingga Cegah Malaria

Dinkes Jayapura juga akan membangun sejumlah posko kesehatan di setiap titik kegiatan Kongres. tujuannya, mencegah malaria.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Kepala Dinas Kesehatan, Khairul Lie saat diwawancarai Tribun-Papua.com soall perkembangan stunting di Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin (23/5/2022) 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura siap mensukseskan pelaksanaan Kongres ke-6 Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN), yang dihelat pada 24 hingga 29 Oktober 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan pihaknya akan membentuk tim pelayanan kesehatan untuk mendukung Kongres AMAN.

"Untuk sektor kesehatan kami siap, dimana kita akan bentuk tim kesehatan nantinya. Jadi apapun kebutuhan pelayanan kesehatan mereka, kami siap dukung," kata Khairul kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Senin (23/05/2022). 

Baca juga: Kasus Stunting di Kabupaten Jayapura Capai 29 Persen, Khairul Lie: Tersebar di 11 Kampung

Menurutnya, tim tersebut akan ditempatkan pada setiap lokasi para tamu menginap, juga tempat pelaksanaan kongres tersebut. 

"Karena di sini wilayah endemik malaria, maka nantinya kita akan membagikan kelambu dan menyiapkan obat nyamuk semprot, serta sejumlah obat kepada para tamu," jelas Khairul. 

Upaya tersebut dilakukan agar tidak terjadi penularan malaria ketika para tamu kembali ke daerah asal. 

Selain itu, kata Khairul, Dinkes Jayapura juga akan membangun sejumlah posko kesehatan di setiap titik kegiatan Kongres. 

"Posko ini agar apabila ketika ada peserta yang mengalami masalah kesehatan, bisa langsung ke posko yang ada di sekitar lokasi kegiatan." 

Baca juga: Pastikan Kesiapan Kongres Aman, Masyarakat Adat Siap Terima Tamu dari Seluruh Provinsi

Sementara untuk Covid-19, Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura akan terus mengawasi penerapan protokol kesehatan selama kongres berlangsung.

"Jadi nanti kami akan cek untuk memastikan setiap tamu yang datang ini sudah ikut vaksinasi, hal ini dilakukan karena saat ini pandemi belum berakhir walaupun pemerintah telah mulai melonggarkan untuk tidak menggunakan masker di luar ruangan," pungkasnya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved