Makna Kenaikan Isa Almasih bagi Umat Kristen dan Katolik

Peristiwa Kenaikan Isa Almasih atau Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa Yesus Kristus naik ke surga pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya.

freepik.com
Ilustrasi Kenaikan Isa Almasih 

TRIBUN-PAPUA.COM - Peringatan Kenaikan Isa Almasih pada tahun 2022 jatuh pada tanggal 26 Mei.

Peristiwa Kenaikan Isa Almasih atau Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa Yesus Kristus naik ke surga pada hari ke-40 setelah Kebangkitan-Nya.

Di mana perayaan Paskah atau peristiwa kebangkitan Yesus Kristus menjadi hari pertama.

Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, perayaan Kenaikan Isa Almasih atau Yesus Kristus selalu dirayakan 40 hari setelah Paskah. Baik Kristen di Timur maupun Barat sudah melakukannya sejak abad ke-4.

Pada waktu itu, peristiwa kenaikan Yesus Kristus ditandai dengan perayaan turunnya Roh Kudus yang dikenal dengan hari Pentakosta.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Hari Kenaikan Isa Almasih dalam Bahasa Inggris Lengkap dengan Terjemahannya

Bagi umat Kristen dan Katolik, makna kenaikan Yesus Kristus ke Surga sebagai pemuliaan Yesus setelah kematian dan kebangkitan-Nya.

Menurut Injil Yohanes, hal ini sebagai penampakan pasca kebangkitan-Nya untuk menunjukkan hubungan baru antara Yesus dan Bapa, serta antara Dia dan para pengikutnya, daripada relokasi fisik sederhana dari bumi ke surga.

Kitab Suci dan Peringatan

Kenaikan Yesus Kristus adalah peristiwa yang terjadi 40 hari setelah Kebangkitan Yesus, yang disaksikan oleh murid-murid-Nya.

Yesus Kristus terangkat naik ke langit dan kemudian hilang dari pandangan setelah tertutup awan seperti yang dicatat dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab.

Gereja Katolik mengimani Hari Kenaikan Tuhan sebagai penebusan janji Yesus Kristus.

Baca juga: Hari Raya Paskah: Mengenal Makna, Sejarah, hingga Penetapan Tanggalnya

Dari peristiwa Kenaikan Isa Almasih ini, Yesus Kristus mengajarkan murid-muridnya agar tidak lagi terpaku pada kehadiran fisik-Nya.

Yesus akan selalu bersama umatnya melalui Roh Kudus. Dari sini Yesus Kristus mendorong para murid-murid atau umat-Nya untuk memulai misi, yaitu mewartakan Injil.

Libur Nasional

Pemerintah Republik Indonesia telah menetapkan Hari Kenaikan Isa Almasih sebagai tanggal merah atau Hari Libur Nasional.

Negara yang juga menetapkan Hari Kenaikan Isa Alamasih sebagai hari libur antara lain Austria, Belgia, Denmark, Finlandia, Perancis, Jerman, Luxemburg, Belanda, Norwegia, Swedia, dan Vanuatu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Peringatan Kenaikan Isa Almasih

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved