Breaking News:

Kerusuhan Jayapura 2019

Varra Iyaba : Victor Yeimo Bukan Pelaku Rasisme, Sebaliknya Korban

Kordinator lapangan aksi bisu untuk Victor Yeimo, Varra Iyaba mendesak agar Victor Yeimo dibebaskan lantaran bukan pelaku rasisme sebaliknya korban

Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Istimewa
Victor Yeimo, Juru Bicara Internasional Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Yeimo ditangkap polisi lantaran diduga sebagai dalang kerusuhan Jayapura pada Agustus 2019. Ia ditahan di Mako Brimob Polda Papua. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kordinator lapangan aksi bisu untuk Victor Yeimo, Varra Iyaba mendesak agar Victor Yeimo dibebaskan lantaran bukan pelaku rasisme sebaliknya korban

Varra Iyaba tergabung dalam Petisi Rakyat Papua. Petisi itu mendesak agar Juru Bicara Internasional Komite Nasional Papua Barat, Victor Yeimo dibebaskan.

Baca juga: PKB Ingin Merapat ke KIB, Asalkan Diusung Capres: Airlangga Hartanto Dikemanakan?

"Kami lakukan aksi spontanitas di seberang jalan Pengadilan Negeri Klas 1A pada saat lanjutan sidang Victor Yeimo, Rabu (18/5/2022),"kata Varra Iyaba kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Senin (23/5/2022)

Menurut dia, aksi itu dilakukan sebagai tanda desakan agar Victor Yeimo segera dibebaskan lantaran dia bukan pelaku rasisme sebaliknya korban.

Baca juga: Jokowi Disebut Beri Tongkat Presiden ke Tokoh Ini pada Pemilu 2024, Siapakah Dia?

"Kami minta dengan tegas Victor Yeimo segera dibebaskan, dia tidak salah,"ujarnya.

Lanjut dia, yang salah itu mereka yang mengeluarkan ujaran rasisme, harusnya ditangkap dan diadili.

Ia menambahkan, victor bersama orang Papua lainnya adalah korban dari insiden ujaran rasisme yang ditujukan kepada mahasiswa Papua di Surabaya pada 16 Agustus 2019 lalu.

Baca juga: Astra Motor Ajak SHSCJ Menyusuri Pantai Pasir Dua, Ekplor Alam Papua yang Masih Asri

Sebelumnya dikabarkan, Satuan Tugas Penegakan Hukum Operasi Nemangkawi menangkap buronan yang terlibat dalam kasus kerusuhan di Papua, Victor Yeimo. Victor ditangkap pada Minggu (9/5/2021).

Berdasarkan keterangan sejumlah saksi yang telah diperiksa, Victor Yeimo merupakan aktor utama kerusuhan yang melanda beberapa daerah di Papua, Agustus-Oktober 2019. Victor juga disebut sebagai pemimpin demonstrasi serta orator.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved