Pendidikan

Peduli Pendidikan, Alfamidi Bekali Siswa SMK di Jayapura dengan Laboratorium Ritel

PT Midi Utama Indonesia Tbk, pemilik jaringan gerai Alfamidi memperkenalkan dunia ritel, bagi siswa SMKN 2 Jayapura

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
JAYAPURA TERKINI - Penandatanganan MoU antara Alfamidi dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, terkait hibah laboratorium ritel yakni Business Center di Kawasan Kotaraja Abepura, Selasa (24/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - PT Midi Utama Indonesia Tbk, pemilik jaringan gerai Alfamidi memperkenalkan dunia ritel, bagi siswa SMKN 2 Jayapura, serta menghibahkan laboratorium ritel yakni Business Center.

Pantauan Tribun-Papua.com Selasa (24/5/2022), peresmian Alfamidi Class dan Teaching Factory digelar pada Selasa, (24/5/2022) di Kawasan Kotaraja Abepura.

Human Capital Director Alfamidi Tri Warsono Sunu dalam sambutannya mengatakan, Alfamidi begitu peduli dengan pendidikan di Indonesia Timur, khususnya di Provinsi Papua.

Baca juga: Grand Launching Gerai ke-8 di Jayapura, Alfamidi Kampanyekan Ayo Makan Buah

"Ini merupakan salah satu wujud nyata penerapan program Alfamidi SMART, yakni penerapan kurikulum ritel yang kami namakan sebagai Alfamidi Class di SMKN 2 Jayapura, serta hibah laboratorium ritel yakni Business Center," terangnya.

Tri mengatakan, pihaknya tidak hanya sekadar menjalankan program tersebut, tetapi juga menyiapkan lapangan kerja bagi siswa yang telah lulus sekolah.

 

 

"Kabar baiknya, tidak hanya siswa dari jurusan Alfamidi Class saja, Alfamidi juga membuka peluang karir bagi siswa jurusan lain di SMKN 2 ini, dan tentunya, harus melalui mekanisme test terlebih dahulu," jelasnya.

Tri mengatakan, program Alfamidi Class ini telah terakreditasi di Kemendikbud RI dan sudah diterapkan di 34 SMK di seluruh Indonesia.

"Tujuan dari pendidikan ini adalah membekali para peserta didik dengan ilmu dan pengetahuan tentang ritel serta kewirausahaan," paparnya.

Baca juga: Buka Gerai ke-8 di Jayapura, Alfamidi Lirik Orang Asli Papua Jadi Karyawan 

Selain itu, Tri menilai, program Alfamidi Class juga bisa menjadi pegangan bagi siswa untuk berwirausaha secara mandiri di bidang ritel.

"Saya kira ilmu ini bisa menjadi batu loncatan bagi siswa yang bercita-cita membuka usaha sendiri," paparnya.

Di lain sisi Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun mengatakan pihaknya, mengapresiasi perusahaan yang bergerak di bisnis ritel atas kepeduliannnya terhadap pendidikan di Papua.

"Saya kira ini adalah sebuah inovasi yang baik bagi pendidikan di Papua,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya turut mendukung program pendidikan khususnya SMK yang merupakan pendidikan vokasi (siap kerja).

Baca juga: Target Buka 40 Gerai di Papua, Alfamidi: Mendekatkan Pelayanan bagi Masyarakat

Dirinya menjelaskan, kolaborasi dengan Alfamidi untuk memajukan dunia pendidikan merupakan terobosan untuk mencetak tenaga kerja unggul, terdidik dan punya pengalaman dan kompetensi di bidang ritel, sehingga mampu menjawab tantangan zaman.

"Kerja sama ini ide yang baik, apalagi bisa menjangkau SMK di Jayapura," tuturnya.

Sekadar diketahui, kegiatan ini dihadiri Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, yang diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Protasius Lobya, serta Human Capital Director Alfamidi Tri Warsono Sunu. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved