Pemkab Jayapura

Pemkab Jayapura 8 Kali Raih Predikat WTP, Bupati: Ini Murni dan Tidak Boleh Diintervensi 

Setiap kali ada pemeriksaan, kita biarkan BPK bekerja. Jika ada masalah, baru mereka lapor ke saya dan tim keuangan tinggal cek

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
RAIH WTP – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw menerima buku laporan hasil audit dari Kepala Perwakilan BPK RI Papua, Arjuna Zakir di Kantor BPK RI Provinsi Papua, Selasa (24/5/2022). Dalam hasil pemeriksaan tersebut, Pemkab Jayapura kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Capaian ini merupakan yang Ke-8. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan hasil keuangan kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Papua, Selasa (24/5/2022). 

Syukuri Tambahan Usia, Bupati Mathius Awoitauw: Hidup Ini adalah Kesempatan!

Kepada Tribun-Papua.com, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw usai menerima hasil audit tersebut mengatakan, raihan opini WTP tersebut adalah murni hasil kinerja seluruh pejabat, pegawai dan ASN di lingkungan Pemkab Jayapura

"Ini murni tanpa apapun, dan selama ini kita lakukan, sehingga tidak ada dan tidak boleh diintervensi," kata Awoitauw, di Jayapura, Selasa (24/05/2022). 

Bunga Ucapan Selamat Ulang Tahun Mathius Awoitauw Banjiri Lapangan Kantor Bupati Jayapura

Lebih lanjut dia mengatakan, selama ini Pemkab Jayapura selalu terbuka kepada petugas pemeriksa dari BPK yang setiap tahun melakukan pemeriksaan terhadap laporan kinerja dan penggunaan keuangan pemerintah daerah.  

"Setiap kali ada pemeriksaan, kita biarkan BPK bekerja. Jika ada masalah, baru mereka lapor ke saya dan tim keuangan tinggal cek. Kalau ada kaitannya dengan kerugian negara, saya perintahkan untuk dilaporkan agar bisa diselesaikan sesuai aturan," jelasnya. 

Mathius Awoitauw: Pembentukan DOB Aspirasi Murni Warga Papua!

Walaupun menerima predikat WTP, orang nomor satu di Pemkab Jayapura ini menyebut masih ada beberapa catatan administrasi yang harus diperbaiki, agar pada pemeriksaan selanjutnya sudah benar-benar sesuai ketentuan yang berlaku. 

"Yang kita lami sekarang ini banyak rekomendasi yang bersifat administrasi, yang harus diperbaiki. Pada prinsipnya administrasi keuangan adalah yang terbaik," ujarnya. 

Dikenal Sebagai Bapak Kreatif, Begini Sosok Mathius Awoitauw di Mata Pemuda Sentani 

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPK RI Papua, Arjuna Zakir mengatakan, predikat tersebut diberikan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK. 

"Pencapaian WTP ini yang ke-8 kalinya sejak 2014 dan opini atas laporan keuangan merupakan pernyataan profesional pemeriksaan mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan," paparnya. 

Di Hadapan Presiden, Mathius Awoitauw Sebut DOB Solusi Percepat Kesejahteraan Rakyat Papua

Oleh karena itu, lanjut Arjuna, kepala daerah dalam hal ini Bupati Jayapura dapat melakukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan untuk mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada. 

"Tentu harapannya penyajian laporan keuangan pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Jayapura di masa mendatang semakin baik," tegasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved