Pemekaran Papua

Dukung DOB, Tokoh Pemuda ini Minta Pembentukan Provinsi Mamberamo Foja

Tokoh Pemuda Kabupaten Mamberamo Raya Bertho Kawena mendukung penuh pembentukan Daerah Otonomi Baru di Papua, khususnya Provinsi Mamberamo

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Musa Abubar
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
PEMEKARAN PAPUA - Tokoh pemuda Kabupaten Mamberamo Raya Bertho Kawena mendukung penuh pemekaran Provinsi Papua, Jumat (27/5/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Tokoh Pemuda Kabupaten Mamberamo Raya, Bertho Kawena mendukung penuh pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua, khususnya Provinsi Mamberamo.

Bertho mengemukakan alasannya mendukung pembentukan DOB Mamberamo dan urgensinya.

Baca juga: Resmi, MRP Serahkan Berkas Kesimpulan Uji Materil UU Otsus ke Mahkama Konstitusi

"Kami mendukung penuh pembentukan DOB di Papua yang digulirkan Pemerintah pusat, aspirasi kami adalah meminta pemekaran Provinsi Mamberamo Koja, dilihat dari luasan wilayah dan kecocokan daerah," kata Bertho kepada Tribun-Papua.com, Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Jamin Kamtibmas di Hari Kenaikan Isa Al-Masih, Polres Puncak Jaya Lakukan Patroli

Secara partisipatif, kata Bertho, tokoh dari Mamberamo masih minim yang menyampaikan suara dengan lantang kepada publik soal pembentukan DOB.

"Sampai saat ini masyarakat Mamberamo, masih hidup dalam kemiskinan, mahasiswanya masih minim, dan kitong (kita) membutuhkan pembangunan yang merata,"ujarnya.

Baca juga: Dukung DOB Papua, Ketua LMA Jayawijaya: Aksi Penolakan Hanya Kepentingan Kelompok Tertentu!

Bertho menegaskan permainan DOB Mamberamo ini, tak ada sangkut paut dengan kepentingan, tetapi ia berbicara dengan keras karena memikirkan nasib orangtuanya, dan masyarakat Mamberamo secara umum.

"Kami merasa selama ini masih kurang sentuhan terhadap masyarakat kami, kondisi sangat sedih dan memprihatinkan, saya kuliah sampai di Jayapura hingga Jakarta tetapi sia-sia apabila saya tidak bersuara,"ujarnya.

Baca juga: Tingkatkan Sinergritas TNI-Polri, Kapolres Puncak Jaya Tinjau Pos Pengamanan

Melalui momentum itu, ia mengemukakan pihaknya di Kabupaten Mamberamo Raya telah berkomitmen untuk pembentukan DOB, dengan 6 kabupaten dan 1 kota madya.

"Kami akan minta pemekaran Provinsi Mamberamo Foja nanti, itu suara kami, hak kami untuk bersuara dan didengarkan,"tambah dia.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved