Info Jayapura

Bangun Ponpes Jadi Cara Yayasan Insan Cindekia Jayapura Hadir di Papua Melalui Pendidikan

Berawal dari playgroup, TK, SD, SMP, dan SMA bahkan SMP dan SMA itu ada asrama

Penulis: Putri Nurjannah Kurita | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
SAMBUTAN - Pembina Yayasan Insan Cendekia, Ainurrofiq saat memberikan sambutan pada peresmian Pondok Pesantren Ulil Albab Putri dan Halal Bihalal di Doyo Baru, Sentani, Sabtu (29/5/2022) 

Laporan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Pembina Yayasan Insan Cendekia Jayapura, Provinsi Papua, Ainurrofiq mengatakan, lembaganya ada di Papua untuk membangun sumber daya manusia melalui bidang pendidikan.

Kepala Sekolah se-Papua Dilantik, Ridwan Rumasukun: Jadilah Teladan dan Tingkatkan Mutu Pendidikan

Hal itu dilakukan setelah 15 tahun berjuang mendirikan sebuah lembaga pendidikan bermutu dan diperhitungkan.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam sambutan saat peresmian Pondok Pesantren Ulil Albab Putri yang juga dihadiri Asisten II Sekretaris Daerah Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo.

"Berawal dari playgroup, TK, SD, SMP, dan SMA bahkan SMP dan SMA itu ada asrama, " katanya di Doyo Baru, Sentani, akhir pekan tadi.

Peduli Pendidikan, Alfamidi Bekali Siswa SMK di Jayapura dengan Laboratorium Ritel

Ia mengatakan ada juga boarding school untuk mencegah generasi muda agar tidak terpengaruh dan tidak terkontaminasi dengan informasi luar yang menyesatkan, sehingga anak bisa terdidik secara serius.

"Berdasarkan kerja sama ini, murid-murid kami ada yang hafal Alquran 15 Juz, padahal target kami hanya tiga hingga lima juzz saja," ungkapnya.

Ia menilai kesungguhan dalam kontribusi bidang pendidikan bukan saja di lingkungan sekolah tetapi di masyarakat.

Lakukan Seminar Pendidikan, JSIT Papua Bakal Dorong Sekolah Penggerak di Kabupaten Jayapura

Setiap tahun, sekolah mengadakan pengabdian kepada masyarakat, seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Arso, Kabupaten Keerom dan Nimboran, di Kabupaten Jayapura.

Terkait pondok pesantren tersebut, menurutnya dengan ketersediaan lahan seluas 1,5 hektare, rencananya akan membuka perguruan tinggi.

Apalagi saat ini sudah ada ada sekitar 800 siswa dan 100 tenaga pengajar di Yayasan Cendekia Jayapura, yang diharapkan menjadi modal untuk mendirikan lembaga pendidikan lanjutan agar berkesinambungan.

Ini Harapan PT Freeport Indonesia saat Serahkan Perlengkapan Komputer di Sentra Pendidikan Mimika

Lembaga pendidikan tersebut tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) pihaknya menyamakan visi dan misi dalam rangka memajukan pendidikan di Papua.

"Ini kami sedang dalam proses untuk menerima siswa baru, jenjang SMP telah sudah menamatkan lima angkatan dan SMA baru angkatan pertama, juga untuk asrama putri bisa langsung ditempati, " tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved