Nasional

Jokowi Dikagetkan Perubahan UU Sisdiknas, Menteri Ini Diadukan APPI: Bakal Dilengserkan?

Presiden Jokowi dikagetkan aduan dari Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI), terkait penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Mendikbud Ristek Nadiem Makarim. (Dok. Kemendikbud Ristek) 

TRIBUN-PAPUA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikagetkan aduan dari Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI), terkait penyelenggaraan pendidikan berbasis masyarakat.

APPI mengadukan perihal carut-marut proses perubahan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) kepada presiden.

Aduan itu disampaikan langsung dalam pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/5/2022).

"Kami membicarakan persoalan-persoalan penting dan mendesak terkait masa depan pendidikan nasional, terutama terkait RUU Sisdiknas," ujar Doni Koesoema A selaku Dewan Pengarah APPI, dilansir dari siaran persnya.

Baca juga: Gerindra Segera Umumkan Capres 2024, Mega dan Jokowi Akan Bicara Dukungan PDIP: Prabowo-Puan?

"Yang sangat mengejutkan bagi kami, dalam pertemuan hari ini Presiden menyatakan bahwa beliau tidak tahu ada proses perubahan UU Sisdiknas," kata dia.

Untuk itu, menurut Doni, Presiden Jokowi menyatakan akan memanggil Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan meminta penjelasan terkait hal ini.

APPI juga mendukung visi dan misi presiden untuk membentuk sumber daya manusia Indonesia unggul demi transformasi bangsa.

Namun, APPI menilai perubahan UU Sisdiknas yang jauh dari spirit gotong royong bila dilanjutkan akan merugikan dan malah merusak legasi Presiden Jokowi.

"Dan ke depan akan menyulitkan para guru," ujar Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Unifah Rosyidi.

Sementara itu, Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PP Muhammadiyah Alpha Amirrachman mengatakan, Presiden Jokowi juga setuju bahwa seharusnya ada peta jalan atau road map terlebih dahulu sebelum pembahasan RUU Sisdiknas.

Baca juga: Menteri Nadiem Sebut Test Kelulusan Bukan Sebagai Hukuman Tetapi Bahan Refleksi Guru dan Murid

"Jadi ada roadmap dulu dibawa ke mana pendidikan kita sebelum pembahasan RUU Sisdiknas,” ujar dia.

APPI merupakan gabungan penyelenggara pendidikan berbasis masyarakat yang melayani anak-anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Aliansi ini merupakan perwakilan kelompok keagamaan dan masyarakat, termasuk Perguruan Tamansiswa.

Hadir dalam pertemuan ini Alpha Amirrachman (Sekjen Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah), Z. Arifin Junaidi (Ketua Himpunan Sekolah dan Madrasah Islam Nusantara (HISMINU).

Kemudian David J. Tjandra (Badan Pengawas Majelis Pendidikan Kristen di Indonesia (BP-MPK), Romo Darmin Mbula OFM (Ketua Majelis Nasional Pendidikan Katolik (MNPK), Unifah Rosyidi (Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI), Doni Koesoema A. Pemerhati pendidikan sekaligus Ketua Dewan Pengarah APPI. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "APPI: Presiden Jokowi Tak Tahu Ada Perubahan UU Sisdiknas, Akan Panggil Menteri Nadiem",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved