Papua Terkini

Masih Ingat Pembakaran Belasan Rumah di Dogiyai, Saugas Goo : Hoax KNPB Dituding Dalang Dibalik Itu

KNPB wilayah Dogiyai mengajak masyarakat setempat untuk tidak terprovokasi dengan isu hoax bahwa pihaknya dalang dibalik pembakaran belasan rumah

Humas Polda Papua
Puing-puing kebakaran di Kompleks Pasar Bomonani, Distrik Mapia, Kabupaten Dogiyai 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Komite Nasional Papua Barat (KNPB) wilayah Dogiyai mengajak masyarakat setempat untuk tidak terprovokasi dengan isu hoax bahwa pihaknya dalang dibalik pembakaran belasan rumah di daerah tersebut.

Ketua KNPB wilayah Dogiyai, Saugas Goo mengatakan pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk tidak termakan isu hoax yang dibangun oknum tertentu.

Baca juga: Pemkab Merauke Gandeng Pegiat Kopi Muting Ikuti Pameran Kopi Culture di Jakarta

"Kami minta untuk seluruh Masyarakat Dogiyai tidak terpancing dengan isu sekecil apapun yang menyudutkan pihak KNPB,"kata Saugas Goo melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun-Papua.com, Senin (30/5/2022).

Menurut Marthen, situasi saat ini di Dogiyai telah diskenariokan oleh oknum-oknum tertentu.

Baca juga: Lantamal XI Merauke Lakukan Pengamanan Perbaikan Kabel Laut SMPCS

"Ada yang sudah mengatur skenario tentang situasi Dogiyai saat ini. Jadi, untuk seluruh masyarakat jangan terprovokasi,"ujarnya.

Lanjut dia, KNPB Dogiyai mengajak seluruh warga yang berdomisili didaerah itu untuk tidak terpancing dengan isu yang sedang dibangun.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tidak terpancing. Dan bisa menahan diri, karena hal ini sudah diskenariokan,"tambah dia.

Baca juga: Ini yang akan Dilakukan Abisasi Rollo setelah Terpilih Ketua KONI Kota Jayapura

Sebelumnya dikabarkan, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal menjelaskan pada Senin (23/5) malam, kelompok massa melakukan pembakaran di 3 titik yang mengakibatkan 18 pintu rumah di Kabupaten Dogiyai hangus terbakar.

Dari 18 pintu rumah itu, 12 pintu rumah di antaranya milik warga Kampung Ikebo yang dibakar Senin dinihari sekira pukul 02.00 WIT.

Baca juga: Pemkab Jayapura Berharap Popes Ulil Albab Jadi Mitra Pendidikan untuk Peningkatan SDM

Selanjutanya, lima rumah warga di Kampung Kimupugi dibakar sekira pukul 02.30 WIT. Dampak dari insiden itu, sekitar 100 warga terpaksa mengungsi.

"Sekitar 100-an warga mengungsi di Koramil dan Polsek hingga Selasa sore,"tambah Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.(*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved