Kunjungan Moeldoko ke Papua

Nelayan Biak Curhat soal Perluasan Pasar Ekspor Ikan saat Bertemu Moeldoko

Adanya SKPT ini bentuk komitmen pemerintah pusat mendukung penuh industri perikanan dan kelautan di Kabupaten Biak

Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
TEMUI NELAYAN - Kepala Staf Kepresidenan RI Dr Moeldoko temui nelayan saat meninjau Unit Pengelolaan Ikan di Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT) Biak Numfor, Selasa (31/5). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Republik Indonesia, Dr Moeldoko menyempatkan menemui para nelayan, saat meninjau Unit Pengelolaan Ikan (UPI) di kawasan Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT), di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Selasa (31/5/2022).

Kedatangan Moeldoko yang didampingi Deputi V Kepala Staf Kepresidenan RI, Jalewaswari Pramodhawardani dan Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, juga sempat melihat hasil tangkapan ikan para nelayan.

Kunjungi Biak, Moeldoko: Kolaborasi Kunci Utama Pengembangan Papua!

Dalam pertemuan singkat, salah satu nelayan Biak, Moses mengungkapkan keinginannya untuk bisa memperluas ekspor ikan hasil tangkapan para nelayan.

"Harapan kami bisa ekspor ikan ke beberapa negara. Saat ini, ekspornya masih ke Singapura saja," ucap Moses dari atas kapal.

Menanggapi hal itu, Moeldoko menegaskan, bahwa pemerintah pusat memberikan perhatian serius terhadap peningkatan potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua. Salah satu buktinya dengan pembangunan Sentra Kawasan Perikanan Terpadu (SKPT).

Moeldoko Bertemu Mathius Awoitauw di Jayapura, Ini Agenda Kunjungan Kerjanya

"Adanya SKPT ini bentuk komitmen pemerintah pusat mendukung penuh industri perikanan dan kelautan di Kabupaten Biak," tegas Moeldoko.

Ia juga membeberkan sejumlah dukungan lain yang diberikan pemerintah. Di antaranya, kelengkapan sarana dan prasarana serta infrastruktur pendukung.

Misalnya Pelabuhan Perikanan Fandoi sebagai lokasi pendaratan ikan yang dilengkapi ketersediaan listrik dan air bersih, kapal penangkap ikan dan peralatannya, serta integrated Cold Storage berkapasitas 200 ton.

Buka Rakor Saireri Papua, Moeldoko: Otsus untuk Kemakmuran Masyarakat, Bukan untuk Tujuan Lain!

Moeldoko juga memastikan, pemerintah terus bekerja untuk menjadikan Kabupaten Biak sebagai hub ekspor sekaligus konsolidasi produk eksor dari wilayah Papua, yakni Jayapura, Timika, Sorong, dan Manokwari.

"Ke depan perluasan pasar ekspor bisa dilakukan secara langsung dan berkelanjutan, seperti ke Malaysia, Vietnam, Jepang, Palau, Korea, dan Hongkong," terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved