Pendidikan

Cegah Pungli saat Penerimaan Siswa Baru, Dispendikbud Kota Jayapura Lakukan Pengawasan

Dalam mencegah Pungutan Liar (Pungli) saat penerimaan siswa atau peserta didik baru, Dispendikbud Kota Jayapura akan intensifkan pengawasan.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Debora Rumbino, saat diwawancarai Tribun-Papua.com Kamis (2/6/2022) di Abepura. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Dalam mencegah Pungutan Liar (Pungli) saat penerimaan siswa atau peserta didik baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kota Jayapura akan intensifkan pengawasan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura Debora Rumbino, kepada Tribun-Papua.com Kamis (2/6/2022) di Abepura.

"Kami tetap mengimbau kepada para orangtua yang akan menyekolahkan anaknya, agar dapat menolak pungli," jelasnya.

Baca juga: Ancam Copot Kepsek yang Pungli Saat Penerimaan Siswa Baru, Dinas Pendidikan Papua: Jangan Coba-coba

Debora mengatakan, para Kepala Sekolah pada tingkat SD dan SMP diimbau untuk dapat lebih memperhatikan hal tersebut.

"Bagi pihak kami, sudah sangat jelas bahwa pungli pada masa penerimaan murid baru ialah hal yang sangat tidak boleh dilakukan, kami melarang tegas," pungkasnya.

 

 

Dalam kesempatan itu, pihaknya dalam menerima peserta didik baru sangat memperhatikan juga kemampuan finansial orangtua.

"Kalau kebutuhan sekolah yang bisa orangtua beli yah silakan dibeli, namun yang disediakan di sekolah yah itu dimanfaatkan," terangnya.

Baca juga: Samsat Merauke Diduga Lakukan Pungli, Yulianus Toding : Akan Dikonfirmasikan

Terkait dengan kondisi Covid-19, Debora menyampaikan bahwasanya dunia pendidikan di Kota Jayapura masih menyesuaikan atau beradaptasi normal dengan pasca pandemi Covid-19.

"Lalu selain itu, saya mengimbau para orangtua atau wali calon murid yang akan menyekolahkan anaknya memasuki dunia pendidikan formal, maupun melanjutkan ke jenjang berikutnya agar memilih sekolah terdekat dari rumah atau zonasi," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved