Seni dan Budaya

Oyandi Papua Bakal Gelar Festival Seni dan Budaya di Kasonaweja Mamberamo Raya

Oyandi Papua bakal menggelar Festival seni dan budaya "Oyandi Creative" di Kasonaweja, ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya

Editor: Musa Abubar
Nelius Awaki for Tribun-Papua.com
Owner Production dan Ketua Sanggar Seni Oyandi, Nelius Awaki 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Oyandi Papua bakal menggelar Festival seni dan budaya "Oyandi Creative" di Kasonaweja, ibu kota Kabupaten Mamberamo Raya

"Ini pertama kali di Kasonaweja, Mamberamo Raya. Festival Oyandi Creativ 2022 adalah kegiatan Budaya dan Seni Yang kami coba buat dalam konteks kreativitas kami sendiri,"kata Owner Production dan Ketua Sanggar Seni Oyandi, Nelius Awaki kepada Tribun-Papua.com di Jayapura, Sabtu (4/6/2022)

Menurut Nelius, festival ini dijadwalkan bakal digelar pada 10 Juni 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengangkat budaya/bahasa ibu atau nyayian Khas Orang Mamberamo yang perlu digali dan dikembangkan dari generasi ke generasi.

Baca juga: Impas Diminta Bersatu Membangun Sentani dan SDM Kabupaten Jayapura

"Ini adalah ide ide kreatif yang lahir dari ketulusan hati kami. Oyandi Papua akan menyiapkan panggung ini buat anak-anak Mamberamo Raya yang mempunyai talenta tarik suara dan tarian,"ujarnya.

"Kita memang tidak punya uang, tetapi panggung ini di buat bagi mereka yang dilupakan, mereka yang terpinggirkan," kata Nelius.

Nelius menegaskan, ingat budaya adalah identitas, budaya itu mahal, hanya dengan budaya Orang akan mengenal siapa kita.

Baca juga: Stok Logistik Obat dan Alat Tes Malaria di Papua Minim, Beeri Wopari: Tidak Sampai Kosong

"Ayo Dafar dan ikuti, jangan sampai group anda ketinggalan dan tidak mengkuti kegiatan ini. Satu hari saja tong kase ribut Kasonaweja, degan kreativitas anak Muda Mamberamo Raya yang terpendam dengan talenta-talenta luar biasa. Jangan sampe kamu rugi karena tidak ikut,"ujarnya.

Dia mengatakan, perlu diingat bahwa siapa lagi yang mau memikirkan hal ini, kalau bukan kita berdiri dan bertanggungjawab atas negeri Mamberamo Raya.

"Siapa yang mo urus, kita tidak bisa harap pemerintah, kita buat dulu nanti baru pemerintah juga memberikan dukungan,"katanya.

Baca juga: Eks Danjen Kopassus Dituding King Maker Pemilu 2024, Jawaban Petinggi Gerindra Ini Bikin Gempar

Nelius menyebut sudah 3 dekade Seni dan Budaya diabaikan, tidak ada yang berpikir membagun seni dan budaya di Kabupaten Mamberamo Raya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved