Pendidikan

Ulah KKB, Persekolahan Minim di Puncak, SI-IPAR Bantu Kembalikan Suasana Belajar Mengajar

Operasi Damai Cartenz malakukan Program Binmas Noken yakni SI-IPAR atau Polisi Pi Ajar menggelar kegiatan belajar mengajar di Kampung Kago

Editor: Musa Abubar
Humas Polda Papua
Suasana satgas Operasi Damai Cartenz mengajar di Kampung Kago, Kabupaten Puncak 

TRIBUN-PAPUA.COM,JAYAPURA - Satgas Operasi Damai Cartenz malakukan Program Binmas Noken yakni SI-IPAR atau dikenal dengan Polisi Pi Ajar menggelar kegiatan belajar mengajar di Kampung Kago, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua

Kakorwil Binmas Iptu Yonias Purwanto mengatakan kegiatan belajar mengajar itu tengah berlangsung pada Jumat (3/6/2022).

Baca juga: Pencarian Nelayan Sarmi Masih Nihil, SAR Lakukan Penyelaman

Menurut dia, SI-IPAR membantu generasi gemilang penerus bangsa khususnya Anak-anak asli Papua yang berada di Kabupaten Puncak.

Lanjut dia, program ini membantu para generasi muda untuk dapat belajar serta mengenal tentang Negara ini.

Dia menjelaskan, persekolahan sangat minim dan situasi serta kondisi yang tidak bersahabat akibat ulah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terus membuat kekhwatiran masyarakat.

Baca juga: DPN-IKAPTK Gelar Jalan Santai, Benhur Tomi Mano: Ajang Menjalin Silahturahmi

"Ini mengakibatkan persekolahan sehingga tidak dapat berjalan secara normal,"kata Yonias melalui rilis pers yang diterima Tribun-Papua.com, Sabtu (4/6/2022).

Sehingga, kata dia, melalui Program Polisi Pi Ajar ini dapat membantu mereka untuk bisa kembali merasakan suasana belajar-mengajar.

Selain itu juga, program ini secara langsung membantu Dinas Pendidikan untuk dapat memberikan pemahaman kepada mereka, serta wawasan kebangsaan tentang Negara Indonesia dan Jiwa Nasionalisme.

Baca juga: Fauzun Nihayah Tepati Janji saat Reses di Merauke: Serahkan Bantuan Ternak hingga Alat Pertanian

"Mulai dari Lagu-lagu kebangsaan, Pancasila, dan Sejarah singkat tentang NKRI,"ujarnya.

Yonias mengatakan, jika Generasi muda ini harus dibekali sejak dini dengan pengetahuan, jangan sampai tidak mendapat Ilmu, karena para generasi muda Papua inilah yang bakal membangun dan memajukan daerahnya.

Ia menyebut, program Si-Ipar (Polisi Pi Ajar) ini menumbuhkan rasa ingin belajar, rasa ingin tahu, rasa ingin bekerjasama dengan sesama, Jiwa Nasionalisme dan memahami Negaranya.

Baca juga: Terancam Digeser Partai, Ini Gerbong Baru Ganjar Pranowo Rebut Tahta Jokowi di Pilpres 2024

Sementara itu,Kombes Pol. A.M. Kamal mengatakan program Si-Ipar merupakan wujud Polri yang membantu dalam memberikan pembekalan sejak dini dan membuka wawasan mereka (anak-anak).

"Binmas Noken pun bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Komunitas Pi Ajar bersama-sama mencari sebuah inovasi untuk dapat membantu para generasi muda di Papua agar dapat bersekolah hingga ke tahap tertinggi,"tambah Kamal. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved