KKB Papua

Inilah Nama Pilot dan Co-Pilot Pesawat SAM Air yang Diberondong KKB di Kabupaten Nduga Papua

Pesawat bernomor PK-SMG itu dipiloti M Farhan Fachri dan Co-Pilot, Reza Ariestha Ragainaga. Beruntung keduanya berhasil dievakuasi aparat keamanan

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: M Choiruman
ISTIMEWA
DIBERONDONG KKB - Inilah pesawat SAM Air yang diberondong tembakan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandar Udara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Selasa (7/6/2022). 

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pesawat SAM Air yang terbang dari Kabupaten Jayawijaya ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua.

Baca juga: BREAKING NEWS: KKB Tembak Pesawat SAM Air di Nduga Papua

Peristiwa itu terjadi pada Selasa (7/6/2022) pukul 10.50 WIT, sesaat setelah pesawat mendarat dan parkir untuk menurunkan logistic di bandara tersebut.

Akibatnya, pesawat tersebut mengalami kerusakan di bagian roda depan, tangki avtur, dan beberapa titik di badan pesawat.

Pesawat bernomor PK-SMG itu dipiloti M Farhan Fachri dan Co-Pilot, Reza Ariestha Ragainaga. Beruntung keduanya berhasil dievakuasi aparat keamanan yang datang ke tempat kejadian perkara.

Tidak Ada Korban Jiwa dalam Insiden Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga Papua

“Pilot dan co-pilot dievakuasi oleh rekan-rekan kami dengan kendaraan taktis, langsung dibawa ke Polres Nduga,” ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Selasa (7/6/2022).

Setelah dievakuasi, lanjut Kamal, keduanya bakal segera diterbangkan ke Jayapura menggunakan pesawat jenis twin-otter milik SAM Air.

Terkait kondisi kesehatan pilot dan co-pilot itu sendiri, Kamal menyebut, keduanya dalam kondisi yang sehat.

Tembak Pesawat SAM Air di Nduga Papua, Ini Daftar Kejahatan KKB Egianus Kogoya

“Kami informasikan, untuk pilot dan co-pilot dalam keadaan sehat wal’afiat,” tuturnya.

Tak ada korban jiwa dalam insiden penembakan ini, hanya saja situasi di sekitar bandara sempat terjadi ketegangan antara aparat keaman dan KKB. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved