KKB Papua

Sempat Dibilang Tak Sekolah, Egianus Kogoya Kembali Tembak Pesawat SAM Air di Nduga

Masih ingat dengan Egianus Kogoya? Satu di antara teroris yang dicap teroris oleh Negara tersebut kembali membuat ulah.

Editor: Roy Ratumakin
Humas Polda Papua
Kondisi pesawat SAM Air seusai ditembaki KKB di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022). / Humas Polda Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM - Masih ingat dengan Egianus Kogoya? Satu di antara teroris yang dicap teroris oleh Negara tersebut kembali membuat ulah.

Ulah Egianus Kogoya kali ini adalah menembak pesawat milik SAM Air di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, pada Selasa (7/6/2022).

Untungnya, pilot dan co-pilot selamat dari penembakan tersebut.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan ada 15 rentetan tembakan yang terdengar dari arah bandara.

Baca juga: Tembak Pesawat SAM Air di Nduga Papua, Ini Daftar Kejahatan KKB Egianus Kogoya

"Setelah diperiksa ternyata ada beberapa kerusakan diantaranya kerusakan di bagian ban depan, tanki avtur, dan beberapa titik di badan pesawat," ujarnya.

Sebelumya satu di antara petinggi mengancam membongkar tempat persembunyian Egianus cs di pedalaman Papua agar terdeteksi oleh pasukan TNI-Polri.

 

 

Indikasi perpecahan di tubuh OPM atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua tersebut bermula dari perselisihan antara Panglima KKB Papua, Egianus Kogoya dengan para petinggi yang kini tinggal di luar negeri.

Egianus menuding para petinggi OPM di luar negeri tidak becus melakukan diplomasi di luar negeri.

Beredar video, Egianus Kogoya menilai, empat orang diplomasi di luar negeri termasuk Sebby Sambom adalah perjuangan untuk kepentingan diri sendiri.

Pernyataan Egianus ini memicu kemarahan petinggi OPM di luar negeri. Juru bicara OPM, Sebby Sambom mengancam membongkar rahasia besar jika Egianus Kogoya terus mengeritik petinggi OPM.

Baca juga: Egianus Kogoya Dalang Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga Papua

"Kami semua sebenarnya terus berjuang untuk Papua merdeka," kata Sebby Sambom.

Sebagai pejuang KKB di luar negeri, kata Sebby Sambom, ia tak pernah berhenti sesaat pun untuk membangun jaringan internasional.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved