KKB Papua

Tidak Ada Korban Jiwa dalam Insiden Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga Papua

Kombes Pol Ahmaf Musthofa Kamal menerangkan, situasi di sekitar bandara sempat memanas lantaran aksi penembakan ini.

Penulis: Raymond Latumahina | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, saat memberikan keterangan pers terkait insiden penembakan pesawat SAM Air di Nduga. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Aparat keamanan menegaskan tidak ada korban jiwa dalam aksi penembakan pesawat milik SAM Air yang terjadi di Bandar Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022), sekitar pukul 10.50 WIT.

Hal ini dikatakan langsung oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, saat memberikan keterangan pers terkait insiden ini.

Kendati begitu, Kombes Pol Ahmaf Musthofa Kamal menerangkan, situasi di sekitar bandara sempat memanas lantaran aksi penembakan ini.

Baca juga: Sempat Dibilang Tak Sekolah, Egianus Kogoya Kembali Tembak Pesawat SAM Air di Nduga

“Karena rekan-rekan kami yang ada di Nduga yang sedang melaksanakan pengamanan di sana, merapat dan memastikan dapat mengevakuasi,” kata Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal.

Setelah itu, Kamal menjelaskan, aparat keamanan berhasil melakukan evakuasi terhadap dua awak pesawat yang terdiri dari pilot dan co-pilot.

 

Kondisi pesawat SAM Air yang ditembak KKB pimpinan Egianus Kogoya di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022).
Kondisi pesawat SAM Air yang ditembak KKB pimpinan Egianus Kogoya di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/6/2022). (Humas Polda Papua)

 

Keduanya dievakuasi ke Polres Nduga menggunakan kendaraan taktis (rantis) untuk selanjutnya diterbangkan ke Jayapura.

“Hari ini direncanakan pilot dan co-pilot akan dievakuasi dari Nduga sekitar pukul 15.30 WIT menuju Jayapura menggunakan pesawat twin-otter SAM Air,” sambungnya.

Baca juga: Egianus Kogoya Dalang Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga Papua

Sebelumnya, aparat keamanan menuding, KKB pimpinan Egianus Kogoya menjadi dalang dari aksi penembakan pesawat komersil ini.

Meski demikian, aparat masih perlu mendalami lagi motif penyerangan pesawat yang dilakukan oleh kelompok ini.

“Kenapa kok menjadikan sasaran pesawat komersial? Kalau mungkin TNI-Polri sudah biasa, kan, karena mungkin mereka terganggu dengan keberadaan TNI-Polri di Nduga karena berseberangan, beda paham,” pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved