Beberkan 27 Tugas dari Jokowi untuk Dirinya, Luhut: Beliau Suruh, Ya Saya Kerjain

Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, sedikitnya ada 27 penugasan yang ia terima dari Presiden Jokowi.

Tribunnews/Irwan Rismawan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan 

TRIBUN-PAPUA.COM - Setidaknya ada 27 penugasan yang diterima Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dari Presiden Joko Widodo.

Luhut menampilkan 27 penugasan itu dalam materi presentasinya saat rapat dengan Badan Anggaran DPR, Kamis (9/6/2022).

"Nah penugasan dari Presiden kepada Menko Marves itu seperti slide ini, macam-macam, ya beliau suruh ya saya kerjain," kata Luhut.

Dalam materi presentasinya itu, ada dua slide berisi isu atau program pemerintah yang ditugaskan Jokowi kepada Luhut.

Baca juga: Bantah Bahas Politik saat Bertemu Ganjar, Luhut: Mikirin Diri Sendiri Saja Sudah Susah

Slide pertama menunjukkan bahwa Luhut mengemban tugas terkait dukungan Presidensi G20, Sumber Daya Air Nasional, HDCM Indonesia-China, Rencana Aksi Kebijakan Kelautan Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Food Estate.

Kemudian, KTT AIS Forum, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Kawasan Rebana dan Jabar Selatan, Penyelenggaraan Nilai Ekonomi Karbon, Maluku Lumbung Ikan Nasional, Kebijakan Satu Peta, Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, 15 Danau Prioritas Nasional, Revitalisasi Tambak Udang, dan Pengendalian Program Tol Laut.

Pada slide kedua tertera bahwa Luhut ditugaskan mengenai isu PEN-ICRG, Landas Kontinen Indonesia, Blue Infrastructure Terintegrasi, MP Jalan Trans Pulau 3T dan Jalan Tol Nasional, Daerah Aliran Sungai Citarum, Geopark, penanganan sampah laut.

Lalu, percepatan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri, 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, hingga persoalan minyak goreng.

Baca juga: Jokowi Kembali Beri Tugas Baru ke Luhut, Pengamat: Menegaskan Luhut sebagai Menteri Superior

Luhut mengatakan, penugasan tersebut dikerjakannya dengan baik. Menurut dia, Jokowi bisa saja memberi tugas kepada menteri lain jika ia tidak mengerjakan tugas dengan baik.

"Itu juga saya kira saya lakukan sampai pada minyak goreng kemarin ya itu dari ngurus SpaceX sampai tiba-tiba Presiden minta mnyak goreng," kata Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut juga menegaskan bahwa ia bukan menteri yang mengurusi semua urusan.

Luhut mengatakan, sebagai menteri, ia hanya mengurusi persoalan yang menjadi bidangnya dan yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya ingin satu garis bawahi Pak, jangan saya dipikir ngurusi semua Pak, saya ngurusi semua di bidang saya dan yang diperintahkan presiden, saya ulangi, diperintahkan presiden," kata Luhut. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Luhut Beberkan 27 Tugas dari Jokowi untuk Dia

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved