Fornas VI Sumsel

Tim Tarik Tambang Putera Papua Optimistis Jaga Tradisi Medali Emas Fornas

Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan 2022 nanti, bakal jadi ajang pembuktian bagi tim tarik tambang Papua.

Tribun-Papua.com/Raymond Latumahina
TARIK - Tim tarik tambang puteri saat mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Provinsi (Forprov) Kormi Papua 2022. 

Laporan wartawan Tribun-Papua.com, Raymond Latumahina.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (Fornas) VI Sumatera Selatan 2022 nanti, bakal jadi ajang pembuktian bagi tim tarik tambang Papua.

Sebab, tim tarik tambang putera Papua merupakan peraih medali emas dalam tiga edisi Fornas berturut-berturut, yakni Bali 2015, Kalimantan Selatan 2017, dan Kalimantan Timur 2019.

Prestasi tersebut tentu saja akan coba dilanjutkan kembali oleh tim tarik tambang putera Papua pada Fornas VI yang akan dihelat 1 sampai 7 Juli 2022.

Baca juga: Kormi Papua Siap Cetak Sejarah Baru di Fornas VI Sumatera Selatan 2022

Kabid Organisasi Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Provinsi Papua, Benny Krey, mengaku sangat optimis tim tarik tambang putera mampu mempertahankan gelar juara bertahan tersebut.

“Tarik tambang ini memang induk olahraga unggulan untuk Papua mendapat medali emas,” kata Benny Krey kepada Tribun-Papua.com, di Jayapura, Sabtu (11/6/2022).

Dia berharap pada Fornas VI nanti, kontingen Papua mampu mengawinkan medali emas dari induk olahraga (inorga) tarik tambang, baik putera dan puteri.

“Kita rencana, kalau bisa, tim puteri juga bisa dapat medali, jadi tidak hanya putera saja,” imbuhnya.

Karenanya, demi merealisasikan impian tersebut, Kormi Papua bakal melakukan seleksi ketat bagi pegiat olahraga tarik tambang.

Satu di antara seleksi itu adalah melalui Forprov Kormi Papua 2022.

Pasalnya, melalui Forprov ini, Kormi Papua bisa memantau langsung potensi pegiat olahraga yang bakal diturunkan pada Fornas VI mendatang.

Baca juga: Kenal Michael Rumere? Pemain Trial Asal Papua Masuk Skuad Persebaya di Piala Presiden 2022

“Forprov ini, ya, cara kami buat seleksi pegiat-pegiat olahraga. Mudah-mudahan dari sini, kita bisa memilih yang terbaik,” tandasnya.

Sebelumnya, Kormi Papua sendiri juga telah mematok target tinggi untuk bisa menembus peringkat 10 besar perolehan medali Fornas VI nanti.

Pada edisi Fornas V di Kalimantan Timur 2019 lalu, kontingen Papua harus puas menempati peringkat 12 klasemen akhir perolehan medali. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved