Pemkab Jayapura

Kampung Yoboi Bakal Gelar Festival Ulat Sagu dan Berburu

Sekretaris Kampung Yoboi, James Gustaf Tokoro menyampaikan akan melangsungkan Festival Ulat Sagu dan Berburu pada Oktober 2022 mendatang.

Tribun-Papua.com/Putri Nurjannah Kurita
Sekretaris Kampung Yoboi, James Gustaf Tokoro. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Putri Nurjannah Kurita

TRIBUN-PAPUA.COM, SENTANI - Sekretaris Kampung Yoboi, James Gustaf Tokoro menyampaikan akan melangsungkan Festival Ulat Sagu dan Berburu pada Oktober 2022 mendatang.

"Kedua event tersebut telah rencanakan di tahun ini sebagai bagian untuk sukseskan pelaksanaan ke-6 Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN), tujuannya untuk menyambut mereka," kata James di Kampung Yoboi, Distrik Sentani Kota, Kabupaten Jayapura, Senin (13/6/2022).

Festival tersebut, kata James untuk mempertunjukkan potensi sagu baik dari produk hingga souvenir berbahan sagu dikemas dalam satu kegiatan budaya tersebut.

Baca juga: Mengenal Kuliner Khas Ulat Sagu di Sentani Jayapura

Sedangkan kompetisi berburu diperuntukan untuk kaum laki-laki dan hewan buruannya yaitu babi.

"Sebelum pelaksanaan KMAN dan festival danau Sentani, kegiatan bucaya ini akan digelar," ujarnya.

 

 

Dikatakan, guna mewujudkan hal tersebut, pihaknya sedang membangun komunikasi dan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura juga Provinsi Papua.

Baca juga: Festival Danau Sentani dan KMAN jadi Ajang Kebangkitan Masyarakat Adat

Kepala Dinas Pariwisata, Jhon Wicklif Tegai ketika di konfrimasi lewat pesan WhatsApp menjawab hingga saat ini belum ada informasi dari pihak pelaksana festival.

"Nama Festival Ulat Sagu sudah diganti menjadi Pentas Kuliner Ulat Sagu, jadi semacam mini event bukan festival," katanya.

Sementara itu, Festival Ulat Sagu pertama dilaksanakan pada tanggal 26-28 November 2020 sebagai bentuk dari pemanfaatan potensi alam. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved