Nasional

Jokowi Panggil 4 Menteri ke Istana Negara, Ada Nama Besar Dilengserkan dari Kabinet Indonesia Maju

Diketahui, Presiden Joko Widodo dipastikan melakukan reshuffle kabinet atau perombakan jajaran menterinya hari ini, Rabu (15/6/2022).

Istimewa
Presiden Joko Widodo (Jokowi) 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto diperintah menghadap Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (15/6/2022).

Panggilan Jokowi terhadap 4 menteri ini kemungkinan besar berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang bakal dilakukan Rabu (15/6/2022) hari ini.

Diketahui, Presiden Joko Widodo dipastikan melakukan reshuffle kabinet atau perombakan jajaran menterinya hari ini, Rabu (15/6/2022).

Dilansir dari Kompas TV, Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju Sisa Masa Jabatan Periode Tahun 2022-2024 akan dilakukan pukul 13.30 WIB di Istana Negara.

Baca juga: Prabowo Subianto Mendadak Dipanggil Jokowi ke Istana, Terancam Lengser dari Jabatan Menhan Hari Ini?

Hal ini sekaligus mematahkan dalih Jokowi perihal reshuffle yang takkan ia lakukan dalam waktu dekat.

"Belum, belum (belum reshuffle)," katanya usai meresmikan masjid At Taufik di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022).

Berdasarkan spekulasi yang beredar, Ketua Dewan Pakar PAN Dradjad Wibowo mengatakan, ada nama besar yang bakal dilengserkan dari kabinet.

Jika sosok itu dicopot dari pemerintahan, diprediksi berimbas pada perpolitikan nasional.

"Spekulasi sekarang ini bahkan menyebut akan ada nama besar yang diberhentikan dari kabinet, yang mungkin akan memicu efek domino politik nasional," kata Drajad dilansir dari Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: Eks Panglima TNI Dipanggil ke Istana, Jokowi Lengserkan Prabowo dari Kursi Menhan?

Seiring dengan munculnya kabar reshuffle, rumor bahwa PAN mendapat satu kursi menteri dan satu kursi wakil menteri juga kembali muncul.

Selain itu, nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga lagi-lagi disebut bakal masuk ke kabinet.

Terkait ini, Drajad mengaku, dirinya belum tahu pasti.

Dia mengatakan belum mendapat bocoran informasi soal reshuffle.

"Jika terjadi sesuatu yang signifikan, saya biasanya diberi tahu langsung oleh sahabat saya, salah satu tokoh kunci di dalam tim internal pak Jokowi," ucap Drajad.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved