Pemekaran Papua

Bupati Nabire Mesak Magai: Nabire Harus Jadi Ibu Kota Papua Tengah!

Bupati Nabire Mesak Magai tetap bersikeras bahwasanya Nabire harus menjadi ibu kota Papua Tengah, karena dinilai sangat layak.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Istimewa
Bupati Nabire Mesak Magai tetap bersikeras Nabire harus menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah, apabila dimekarkan, Jumat (17/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Bupati Nabire Mesak Magai tetap bersikeras bahwasanya Nabire harus menjadi ibu kota Papua Tengah, karena dinilai sangat layak.

Hal itu disampaikannya kepada Tribun-Papua.com, melalui sambungan telepon seluler kepada Tribun-Papua.com Jumat (17/6/2022).

"Nabire itu wilayahnya telah banyak dimekarkan menjadi 7 kabupaten lainnya, dan dari kabupaten itu ada juga yang sudah dimekarkan lagi, jadi memang sangat cocok sebagai kota induk," katanya.

Baca juga: Dukung DOB, Bupati Intan Jaya Usulkan Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi Papua Tengah

Selain itu, masyarakat Nabire dan Pemerintah setempat juga telah bersepakat agar daerah dengan julukan kota jeruk itu dapat dimekarkan.

"Kita sudah siapkan lahan untuk pembangunan kantor gubernur, bandara kami sangat siap, infrastruktur lainnya juga telah dirampungkan," katanya.

 

 

Mesak menyampaikan pula, dukungan Nabire sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah terus mengalir, dari berbagai pihak termasuk para kepala daerah.

"Karena secara kultur juga Nabire memang sesuai menjadi ibu kota Papua Tengah dibandingkan Timika yang merupakan pemekaran dari Fakfak," sebutnya.

Lelaki murah senyum tersebut, berharap agar keinginan Nabire dapat menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah dapat terwujud.

Baca juga: Raja Emas Timika, Eltinus Omaleng Deklarasi Calon Gubernur Papua Tengah: Serukan DOB dan Otsus

"Mayoritas penduduk Mimika juga adalah dari pendatang, dan di sana itu kota industri sehingga biasanya perusahaan asing tidak mau terganggu dengan kondisi keamanan, makanya ini juga harus menjadi perhatian," tuturnya.

Lalu, dikatakannya infrastruktur jalan di Kabupaten Nabire juga telah terhubung hingga ke Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya, Paniai, Puncak dan lainnya telah tembus.

"Sarana prasana penunjang di Kabupaten Nabire untuk menjadi ibu kota bisa dilihat sebagai sesuatu hal yang positif, untuk itu mari kita sama-sama mendukung," ajaknya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved