Pemekaran Papua

Tiga RUU Pemekaran Papua Dibawa ke Paripurna, Begini Penjelasan Komisi II DPR

Tiga RUU DOB Papua diyakini bakal membawa kesejahteraan bagi masyarakat di Bumi Cenderawasih.

Tribun-Papua.com/Istimewa
Ilustrasi Dana Otsus Papua 

TRIBUN-PAPUA.COM - Tiga Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua akhirnya disepakati untuk dibawa ke tingkat pengambilan keputusan II atau rapat paripurna.

Kesepakatan sebagaimana hasil pertemuan Komisi II DPR dan Pemerintah, usai rapat pengambilan keputusan tingkat I di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

"Saya ingin bertanya kepada kita semua, apakah kita setuju dengan tiga rancangan undang-undang ini? Sekali lagi apa kita setuju terhadap tiga rancangan undang undang ini?," tanya Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia Tandjung di ruang rapat, Selasa.

"Setuju," jawab para peserta sidang yang diiringi ketukan palu tanda persetujuan.

Baca juga: BREAKING NEWS: Nabire, Merauke dan Jayawijaya Ditetapkan jadi Ibu Kota Provinsi DOB Papua

Doli mengatakan, persetujuan itu dilanjutkan dengan penandatanganan draf 3 RUU Pembentukan DOB Papua.

"Terakhir setelah kita semua bisa menyetujui tiga RUU ini, termasuk di dalamnya adalah peta wilayah terkait materi yang tidak bisa terpisahkan," ujarnya.

Adapun masing-masing RUU ini yaitu RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, dan RUU tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Pada rapat tersebut, seluruh fraksi menyetujui agar tiga RUU itu dibawa ke rapat paripurna untuk diambil keputusan.

RAPAT- Suasana ruang rapat Komisi II DPR membahas soal RUU pemekaran provinsi Papua bersama pemerintah, Selasa (28/6/2022). Panja DPR dan pemerintah menyepakati ibu kota tiga wilayah DOB yakni Nabire, Merauke dan Jaya Wijaya. (KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA)
RAPAT- Suasana ruang rapat Komisi II DPR membahas soal RUU pemekaran provinsi Papua bersama pemerintah, Selasa (28/6/2022). Panja DPR dan pemerintah menyepakati ibu kota tiga wilayah DOB yakni Nabire, Merauke dan Jaya Wijaya. (KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA) (Tribun-Papua.com/Kompas.com)

Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo yang mewakili pemerintah menyetujui agar ketiga RUU tersebut dibawa ke dalam rapat pengambilan keputusan tingkat II.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Komisi II atas pembahasan tiga RUU itu.

"Pemerintah dalam tarikan nafas yang sama dapat menyepakati hal-hal yang bersifat strategis dan krusial dengan tetap dalam semangat kebersamaan," tutur John.

Baca juga: Dua Bupati di Papua Berebut Ibu Kota Provinsi Baru, Mesak Magai: Kalau Tidak Gabung Saireri!

Pemerintah disebut optimistis bahwa ketiga RUU ini akan berdampak besar terhadap kesejahteraan masyarakat dan orang asli Papua.

Di sisi lain juga dapat mengakselerasi pembangunan di Papua.

"Serta mendekatkan pelayanan, khususnya di wilayah Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan," ucap politisi PDI-P itu. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komisi II dan Pemerintah Setuju 3 RUU DOB Papua Dibawa ke Paripurna ",

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved