Viral Petugas Terminal Tirtonadi Solo Lakukan Pungli Kini Dipecat, Gibran: Jangan Banyak Alasan

Viral video pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi melakukan pungli, Walkot Solo Gibran Rakabuming ikut berkomentar.

Tiktok.com/@ingatnafas
Tangkap layar viral video petugas Terminal Tirtonadi Solo yang melakukan praktik pungli. Viral video pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi melakukan pungli, Walkot Solo Gibran Rakabuming ikut berkomentar. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Viral di media sosial video yang memperlihatkan pegawai kontrak di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, melakukan aksi pungutan liar (pungli).

Video itu viral setelah diungggah oleh akun TikTok @ingatnafas.

Dalam video viral tersebut tampak pegawai kontrak yang berinisial BP melakukan pengecekan berkas-berkas kendaraan.

Baca juga: Viral Bocah SD Dihentikan Polisi karena Naik Motor Tanpa Helm, Langsung Nangis saat Didekati Petugas

Tangkap layar Video pendek yang tersebar dimedia sosial TikTok dengan akun @ingatnafas itu, menunjukkan pegawai kontrak yang berinisial BP melakukan pengecekan berkas-berkas kendaraan, lalu menerima amplop pungli dari seseorang di kawasan Terminal Tirtonadi
Tangkap layar Video pendek yang tersebar dimedia sosial TikTok dengan akun @ingatnafas itu, menunjukkan pegawai kontrak yang berinisial BP melakukan pengecekan berkas-berkas kendaraan, lalu menerima amplop pungli dari seseorang di kawasan Terminal Tirtonadi (Tangkapan layar video via Kompas.com)

BP lalu menerima amplop pungli dari seseorang dikawasan Terminal Tirtonadi.

Kepala Terminal Tirtonadi Joko Sutrisno mengatakan pihaknya langsung melakukan penindakan terhadap BP setelah video tersebut viral.

"Sudah kami asesmen atas video viral itu. Sudah kami klarifikasikan dengan yang bersangkutan. Kami panggil," kata Joko Sutrisno kepada Kompas.com, pada Rabu (29/6/2022).

Joko melanjutkan, hasil dari asesmen dan klarifikasi, BP terancam dipecat dari pekerjaannya.

"Semua klarifikasi, dia menyatakan bahwasanya perbuatan individu. Walaupun dengan alasan bingung kaget dan pertama kali. Meski telah minta maaf. Tapi, hasil verifikasi dan rekomendasi kami dan pimpinan, kemungkinan risiko berat kami putus kerja," ujar Joko.

Baca juga: Viral Video Penumpang KRL Jatuh dari Peron, Begini Kronologi hingga Kondisi Korban seusai Dievakuasi

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah X Provinsi Jawa Tengah dan DIY, Eko Agus Susanto mengatakan, pihaknya telah memecat BP.

"Sesuai aturan BPTD, masuk dalam pelanggaran berat dari tim harus dikeluarkan. Karena pegawai pemerintahan non pegawai negeri itu kontraknya dengan pengelola keuangan, suratnya sudah di meja saja. Saya tindak lanjuti," kata Eko Agus.

Eko menuturkan, surat tersebut berisi rekomendasi kontrak putus dan pemberhentian.

"Untuk pegawai lainnya agar tidak mengulangi ataupun tidak melakukan seperti itu, zaman sekarang sudah berubah, artinya masyarakat telah mengawasi," tegas Eko.

Baca juga: Viral Video TNI Pecahkan Kaca Mobil demi Selamatkan Balita di Timika, Korban Ternyata Anaknya

Tanggapan Gibran

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menangapi viralnya pegawai kontrak yang melakukan pungutan liar (pungli) di Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved