Pemekaran Papua

Ini Harapan Pemuda Papua Pasca Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi: Harus Jaga SDA Blok Wabu di Intan Jaya

masyarakat Meepago, harus menjaga eksistensi Sumber Daya Alam (SDA) yang besar dan kaya di wilayah Meepago, khususnya di Intan Jaya yaitu Blok Wabu

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Ini Harapan Pemuda Papua Pasca Nabire Jadi Ibu Kota Provinsi: Harus Jaga SDA Blok Wabu di Intan Jaya
Tribun-Papua
PEMEKARAN PAPUA - Pemuda asli Nabire, Ali Kabiay meminta masyarakat Meepago untuk menjaga ketat Sumber Daya Alam (SDA) Blok Wabu di Intan Jaya Papua, pasca penetapan Nabire jadi ibu kota Papua Tengah, Minggu (3/7/2022).

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pasca penetapan Nabire menjadi ibu kota Provinsi Papua Tengah, pemuda asli Nabire, Ali Kabiay meminta masyarakat Meepago untuk menjaga ketat Sumber Daya Alam (SDA) Blok Wabu di Intan Jaya Papua.

Hal itu disampaikannya tokoh muda Papua khusus kepada Jurnalis Tribun-Papua.com di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Minggu (3/7/2022).

Tanggapan Warga Nabire Terkait Jadi Ibu Kota Papua Tengah: Tak Terduga, Tapi Ini Kenyataan

"Komisi II DPR RI memilih Nabire sebagai Ibu Kota Papua Tengah, menurut saya sebagai anak asli Nabire , ada beberapa catatan penting yang harus diingat oleh masyarakat Saireri dan Meepago yang mendiami Nabire," katanya.

Kemudian, perlu juga menjadi perhatian dari masyarakat Meepago yang ada di beberapa wilayah Papua Tengah.

"Saya meminta masyarakat Meepago, harus menjaga eksistensi Sumber Daya Alam (SDA) yang besar dan kaya di wilayah Meepago, khususnya di Intan Jaya yaitu Blok Wabu," pinta Ali.

Lebih jauh Ali menjelaskan, Blok Wabu memiliki cadangan emas terbesar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara yaitu 3 kali lipat dan hampir sama dengan yang dimiliki Bougenville di Provinsi Solomom Utara yang berbatasan dengan Papua Nugini.

Aliansi Masyarakat Pesisir dan Kepulauan Nabire Tetap Tolak Kota Jeruk Jadi Ibu Kota Papua Tengah

"Saya ingatkan kepada masyarakat dan saudara-saudara saya di Meepago, untuk bersatu menjaga Blok Wabu dan alam kita di Meepago, jangan sampai diambil oleh kepentingan tertentu," khawatirnya.

Ali menuding, ada kelompok lain juga dibalik penetapan Nabire sebagai ibu kota Provinsi Papua Tengah.

"Kita harus lebih berhati-hati, sebab akses Nabire ke Intan Jaya sangat dekat dan pemimpin yang nantinya menjadi Gubernur di Provinsi Papua Tengah, harus bisa menjaga eksistensi tanah dan SDA di wilayah Meepago, khususnya di Blok Wabu Intan Jaya," katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved