Namnya Disebut Masuk Bursa Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo, Ini Tanggapan Ganjar

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons kabar yang menyebut namanya masuk bursa Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo.

(Dok. Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng generasi muda sambut Hari Lahir Pancasila dengan adakan serangkaian kegiatan satu bulan penuh dengan tema Bulan Pancasila, Rabu (1/6/2022) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merespons kabar yang menyebut namanya masuk bursa Menpan-RB pengganti Tjahjo Kumolo. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Nama sejumlah kader PDIP disebut-sebut masuk bursa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) pengganti Tjahjo Kumolo.

Mulai dari Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Djarot Syaiful Hidayat, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Merespons kabar tersebut, Ganjar Pranowo enggan berkomentar banyak.

Baca juga: Ganjarist Tak Setuju dengan Wacana Duet Anies-Ganjar, Singgung soal Pilkada DKI Jakarta 2017

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6/2022).
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (16/6/2022). ((KOMPAS.com/NICHOLAS RYAN ADITYA))

Ganjar Pranowo hanya mengatakan bahwa sekarang dirinya masih fokus menyelesaikan tugas sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Saya bereskan tugas di Jateng," tuturnya dikutip dari TribunJateng, Selasa (5/7/2022).

Sebelumnya, Pengamat sosial politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA), Herry Mendrofa, menilai pengganti Menpan-RB nantinya berasal dari kader PDIP.

Ada sejumlah nama selain Ganjar Pranowo yang berpotensi ditunjuk sebagai Menpan-RB.

Mereka adalah Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey, Djarot Syaiful Hidayat, dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Baca juga: Terganggu dengan Kabar Namanya Masuk Bursa Calon Menpan-RB, Hasto: Tak Elok, Ini Masih Masa Dukacita

Ketika menjelaskan alasan kenapa Ganjar yang berkemungkinan dipilih sebagai pengganti Tjahjo Kumolo, Herry mengatakan pengalaman Ganjar tidak jauh berbeda dengan Ahok dan berkapasitas sebagai Menpan-RB.

“Karena selama ini kan stigma di dalam ini kan seolah-olah Ganjar dipinggirkan, seolah-olah Ganjar disepelekan,” kata Herry dikutip dari Kompas.TV.

“Jadi saya kira ini menjadi win-win solution juga di samping faktor pengalaman, tapi secara psikologis politik tentunya pilihan yang rasional juga bisa jatuh pada seorang Ganjar," ujarnya.

Selain menjadi kepala daerah, Ganjar juga pernah menjadi anggota legislatif yakni anggota Komisi II DPR RI yang membidangi pemerintahan.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Jokowi Sudah Kantongi Nama untuk Isi Kursi Menpan-RB Pengganti Tjahjo Kumolo

Respons Hasto soal Kabar Dirinya Masuk Bursa Menpan-RB

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Tribunnews.com/Fersianus Waku)

Nama Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto masuk dalam bursa pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved