Pendidikan

450 Mahasiswa UT Diwisudakan, Rektor: Cetak Lulusan Berkualitas untuk Masa Depan Papua

Wisuda tersebut merupakan komitmen pihaknya sebagai lembaga pendidikan tinggi, untuk terus bekerja bersama masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: Roy Ratumakin
Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
Potret 450 wisudawan yang diluluskan Universitas Terbuka (UT) Jayapura yang berasal dari Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana, Kamis (7/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Universitas Terbuka (UT) Jayapura kembali meluluskan 450 wisudawan dari Program Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana.

Pantauan Tribun-Papua.com Kamis (7/7/2022), acara wisuda tersebut berlangsung di salah satu hotel yang ada di Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua.

"Alhamdulillah pada kesempatan ini tanggal 7 Juli 2022, kita UT Jayapura melaksanakan kegiatan wisuda tahun 2022 dengan mewisudakan 450 orang dari berbagai kabupaten yang ada di Papua," sebut Rektor UT Prof Ojat Darojat MBus PhD kepada Tribun-Papua.com Kamis (7/7/2022).

Baca juga: Rektor Universitas Terbuka Jayapura Minta Mahasiswa Manfaatkan Studio, Ruang Kreasi dan Taman Pintar

Ojat mengatakan, wisuda tersebut merupakan komitmen pihaknya sebagai lembaga pendidikan tinggi, untuk terus bekerja bersama masyarakat dan Pemerintah Daerah.

"Alhamdulillah kita telah mewisudakan 450 orang dari berbagai kabupaten yang ada di Papua, ini suatu pencapaian dan saya sampaikan bahwa mereka ialah lulusan berkualitas untuk masa depan Papua," paparnya.

Melalui lulusan tersebut, pihaknya  berharap lulusan UT akan terus mengabdi, dan dapat berkontribusi dalam pembangunan Papua yang semakin maju  serta tak terlepas dari dukungan Pemerintahan Daerah yang memberikan bantuan.

 

 

"Selain wisuda hari ini, UT Jayapura juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman, antara pihak UT dan beberapa instansi Pemerintahan, mudah-mudahan ini dapat mempercepat pengembangan SDM di Papua," katanya.

Terkait pengembangan SDM di Papua, Ojat menuturkan, secara keseluruhan termasuk anak-anak yang belum berkesempatan mengikuti kuliah tatap muka, UT hadir menjadi solusi dan dapat meningkatkan kompetensi setiap orang.

Di lain sisi, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Jayapura Mujadi menyebutkan, sebagai salah satu kampus alternatif, UT harus mampu mengewajantahkan kebijakan-kebijakan yang ada.

"Sehingga kita perlu melakukan itu, sebab setiap provinsi atau daerah di Indonesia memiliki perbedaan dan ciri khasnya masing-masing, dan Papua punya itu," tandasnya.

Baca juga: 200 Maba Ikut OSMB Universitas Terbuka Jayapura, Mujadi: Mahasiswa Harus Jujur, Iklas dan Sabar 

Ia juga menekankan, oleh karena itu teknik maupun strategi yang dapat berperan kuat di kalangan masyarakat itu yang harus difokuskan.

"Kearifan lokal setempat boleh berbeda tetapi, UT Jayapura yang merupakan bagian dari UT secara keseluruhan harus mampu menjalankan fungsi-fungsi pembelajaran di daerah," tekannya.

Dalam kesempatan itu, Mujadi mengatakan komitmen kuat UT untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk di Papua dengan berbagai usaha dan proses yang dilakukan.

"Setelah didukung oleh beberapa kabupaten dan kota, memang sudah ada hasilnya, serta kita bisa melihat kualitas lulusan yang dipersembahkan kepada masyarakat," sebutnya.

Terakhir, Mujadi menyampaikan kebanggaannya bersama dengan Rektor UT meluluskan 450 orang, yang diharapkannya mampu berkontribusi bagi daerah.

"Dengan keterbatasan dan tantangan yang besar di Papua, UT hadir untuk menjadi solusi terhadap sebagian masyarakat yang terjangkau pendidikan tatap muka," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved