TNI AL Buka Rekrutmen Prajurit Bintara dan Tamtama Gelombang II 2022, Cek Waktu Pendaftarannya

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membuka rekrutmen prajurit Bintara dan Tamtama Gelombang II 2022.

TNI AL
Prajurit TNI AL saat menggelar apel persiapan serbuan vaksinasi di depan KRI Youtefa 522, Kamis (22/7/2021) - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membuka rekrutmen prajurit Bintara dan Tamtama Gelombang II 2022. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membuka rekrutmen prajurit besar-besaran yang dibuka di bulan Juli 2022.

Rekrutmen prajurit TNI AL ini melalui Pendidikan Bintara Prajurit Karier (Bintara PK) dan Tamtama Prajurit Karier (Tamtama PK) Gelombang II Tahun 2022.

Untuk mendaftar rekrutmen TNI AL kali ini, pelamar bisa melakukan pendaftaran online mulai 11 Juli sampai 11 Agustus 2022. 

Proses validasi pendaftaran dimulai 18 Juli hingga 11 Agustus 2022.

Persyaratan, cara mendaftar, jadwal penerimaan, materi seleksi, dan lokasi pendaftaran dapat dilihat melalui alamat website http://al.rekrutmen-tni.mil.id/

Baca juga: Soal Tudingan Perwira TNI AL Minta Rp 5,4 M untuk Bebaskan Kapal Tanker Asing, Ini Kata Kadispenal

Sebanyak 758 perwira muda yang terdiri dari 469 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 dan 289 perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 meneriakkan yel-yel dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/10/2021). Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.
Sebanyak 758 perwira muda yang terdiri dari 469 perwira baru lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) TNI AL Angkatan ke-51 dan 289 perwira lulusan Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL TA 2021 meneriakkan yel-yel dalam upacara militer Prasetya Perwira (Praspa) di Lapangan Laut Maluku, Kodiklatal, Bumimoro, Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (29/10/2021). Acara tersebut dihadiri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. (SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ)

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono menginstruksikan para Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) dan Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) untuk merekrut prajurit dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga TNI AL ke depan akan mendapatkan prajurit profesional dan berkualitas,” kata Yudo dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).

Selain itu, Yudo memerintahkan para Danlantamal dan Danlanal untuk mengajukan calon siswa (casis) berdasarkan kebutuhan untuk pemenuhan Pos TNI Angkatan Laut (Posal) di jajarannya dan harus berasal dari putra-putri asli daerah.\

"Posal akan dipimpin oleh komandan berpangkat Kapten, dengan 3 staf berpangkat Lettu/Letda dengan kualifikasi operasi, intel, dan Potmar dan beranggotakan 20-25 personel," terang Yudo.

Baca juga: Kunjungi Kampung Amamapare, Danlanal Timika Ajak Pemuda-Pemudi Bergabung dengan TNI-AL

Untuk memenuhi kebutuhan personel, TNI AL telah mendirikan 3 Satuan Pendidikan (Satdik).

Pertama adalah Satdik-1 untuk penerimaan di wilayah barat Indonesia dengan pelaksanaan Penilaian Panitia Penentu Akhir Pusat (Pantukhirpus) di Lantamal IV Tanjung Pinang.

Kemudian, Satdik-2 untuk penerimaan di wilayah tengah Indonesia dengan pelaksanaan Pantukhirpus di Lantamal VI Makassar.

Terakhir, Satdik-3 untuk penerimaan di wilayah timur Indonesia yang pelaksanaan Pantukhirpus di Lantamal XIV Sorong.

Yudo mengatakan, personel hasil perekrutan di ketiga Satdik akan dikhususkan mendidik Bintara dan Tamtama yang nantinya ditugaskan di Posal dan pangkalan-pangkalan luar Jawa, khususnya pulau terluar dan perbatasan.

“Peningkatan Satdik terus dilaksanakan dalam pemenuhan sarana dan prasarana dan alin atau alongin di Satdik," imbuh Yudo. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul TNI AL Rekrutmen Prajurit Besar-besaran, Pendaftaran Mulai 11 Juli

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved