Kongres Masyarakat Adat Nusantara Ke VI

Panitia KMAN Ke-VI Survei Puluhan Kampung dan Cek Kesiapan Warga

panitia mengecek kesiapan infrastruktur yang telah disiapkan untuk warga dan tokoh kampung untuk mendukung pelaksanaan KMAN nanti

Penulis: Calvin Louis Erari | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
Ketua panitia lokal KMAN yang juga sebagai Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Jayapura, Timothius J Demetouw, kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Jumat (8/7/2022) menjelaskan progres kesiapan KMAN Ke-VI. Panitia melakukan survei ke puluhan kampung untuk melihat kesiapan warga dan kampung menyukseskan kongres. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Calvin Louis Erari.

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Untuk memastikan seluruh rangkaian pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-IV lancer dan tertata rapi, panitia lokal KMAN Kabupaten Jayapura melakukan survei ke setiap kampung di Bumi Kenambai Umbai yang menjadi tempat acara maupun lokasi pendukung kegiatan. 

Panitia KMAN Gandeng Kementerian Koperasi Gelar Pelatihan Pelaku Usaha Lokal 

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Lokal KMAN Ke-IV, Timothius J Demetouw, kepada Tribun-Papua.com, di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Jumat (8/7/2022). 

"Saat ini panitia melakukan survei ke kampung-kampung, seperti Kampung Puay, Yokiwa, Nolokla, Netar, Ayapo, Ceku, Dondai, Bambar, Putali, Babrongko, Abar dan beberapa kampung lainnya," katanya. 

Dalam survei itu, menurut Timothius, panitia mengecek kesiapan infrastruktur yang telah disiapkan untuk warga dan tokoh kampung untuk mendukung pelaksanaan KMAN nanti. 

Pemkab Jayapura Gandeng Tribun Network Sukseskan KMAN: Momen Kebangkitan Masyarakat Adat

Di antaranya pengecekan tempat tinggal, sanitasi, kelistrikan hingga akses lainnya yang berkaitan dengan kelancaran dan kesuksesan acara KMAN Ke-VI tersebut.

Hal itu dilakukan karena peserta yang menghadiri KMAN Ke-VI akan menginap di setiap kampung yang ada di Kabupaten Jayapura. 

"Setiap kampung menyediakan 20 rumah, dan 1 rumah akan diisi 7 orang peserta kongres. Oleh karena itu harus dicek kelayakannya," terangnya.

Presiden Jokowi Akan Serahkan 14 Kodefikasi Kampung Adat saat Pembukaan KMAN di Papua

Dari survei ini, menurut Timothius, panitia lokal telah mendapatkan hasil dari beberapa kampung. Misalnya ada kampung yang sudah lengkap, tapi juga ada yang harus dilengkapi lagi.

Dengan kesiapan yang maksimal tersebut, ketika peserta KMAN Ke IV di Kabupaten Jayapura, bisa langsung diantar ke kampung-kampung tersebut.

Kemudian, untuk konsumsi, menurut Timothius, nantinya akan disiapkan oleh masyarakat kampung. 

"Makanan itu sesuai dengan adat di Sentani, seperti ikan gabus, mujair, serta sayur dan ubi-ubian," pungkasnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved