Nasional

Putri Bung Karno Terseret Wacana Pergantian Menpan RB, Rahasia Jokowi Bocor ke Publik

Tak disangka rencanya Presiden Jokowi bocor ke publik terkait wacana pengganti Tjahjo Kumolo di kursi Menpan RB. nama Ketua Umum PDIP terseret. Aduh!

Tribunnews/Jeprima
Presiden Joko Widodo (kanan) berfoto bersama dengan Presiden Kelima sekaligus Ketum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri usai acara peresmian Masjid At-Taufiq di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (8/6/2022). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengenang jasa-jasa almarhum Taufiq Kiemas yang merupakan politisi serta suami dari Megawati. Nama Taufiq Kiemas inilah yang diabadikan sebagai nama masjid yang berada di halaman Sekolah Politik DPP PDI Perjuangan tersebut. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Sosok pengganti almarhum Tjahjo Kumolo di kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) dan Reformasi Birokrasi, masih msiterius.

Hingga kini Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum memutuskan siapa pejabat baru yang akan menjabat Menpan RB.

Sementara ini, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai Menpan RB Ad Interim, untuk mengisi kekosongan.

Hanya saja, tak disangka rencanya Jokowi bocor ke publik terkait wacana pengganti Tjahjo Kumolo.

Baca juga: Lengserkan Megawati, Ini Sosok Calon Pengganti Ketua Umum PDI Perjuangan: Soekarnois dan Darah Biru

Bahkan, wacana itu disebut-sebut ikut menyeret nama Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri perihal sosok pejabat definitif Menpan RB.

Menanggapi hal ini, Ketua DPP PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menyebut Presiden Jokowi diagendakan bertemu putri Bung Karno tersebut guna membahas Menpan RB yang baru.

"Bahwa nanti dia akan bicara dengan ibu ketum, dugaan saya hampir pasti. Karena ini adalah kader PDIP."

"Apakah pasti dari PDIP, saya juga enggak yakin, tetapi kalau bicara dengan ketum itu hampir pasti, saya tidak berani 100 persen, nggak, itu Tuhan kalau 100 persen," ujar Bambang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, pada Kamis (7/7/2022).

Ketua Komisi III DPR RI itu menyebut, Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk memutuskan siapa yang akan menjabat Menpan RB.

Pastinya, kepala negara diyakini bakal membahas hal itu dengan Megawati Soekarnoputri.

Baca juga: Anies Baswedan Diteriaki Politisi PSI, Ini Penyebabnya

"Analisis saya begitu. Hampir pasti Pak Presiden akan ketemu dengan ibu sebelum mengganti Pak Tjahjo Kumolo," kata Bambang Pacul.

"Kenapa? Karena Pak Jokowi juga orang Solo, Bambang Pacul juga paham alam pikirnya kalau Bung karno bicara kan alam pikirnya pelajari alam pikirnya."

"Alam pikir itu juga tumbuh dari kultur membentuk alam pikir, kalau kalian kan bahasanya mentereng mindset," kata dia. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved