KKB Papua

Pesawat SAM Air yang Ditembak KKB di Nduga Papua Dievakuasi Menggunakan Helikopter

Akibat cuaca yang tidak bersahabat, maka tim evakuasi memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

Tribun-Papua.com/Istimewa
EVAKUASI - Proses evakuasi pesawat SAM Air yang ditembak KKB di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Rabu (13/7/3022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Pesawat SAM Air yang ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, 7 Juni 2022 lalu, berhasil dievakuasi.

Proses evakuasi pesawat dengan nomor registrasi PK-SMG itu berlangsung selama 2,5 jam dengan menggunakan sebuah helikopter, Rabu (13/7/2022).

Pemilik SAM Air, Wagus Hidayat mengatakan, sempat terjadi gangguan cuaca buruk dalam proses evakuasi yang rencananya dilakukan pada Selasa (12/7/2022).

Baca juga: OPM Bertanggung Jawab atas Penembakan Pesawat SAM Air di Nduga, Sebby: Dipimpin Egianus Kogoya

“Seharusnya jadwal yang sudah kami rencanakan yaitu hari Selasa dengan menggunakan pesawat SAM Air juga jenis twin otter tujuan Kenyam dari Jayapura,” kata Wagus Hidayat saat dihubungi Tribun-Papua.com, melalui sambungan telepon.

Lantaran cuaca yang tidak bersahabat, maka tim evakuasi memutuskan untuk mengalihkan penerbangan ke Timika, Kabupaten Mimika, Papua.

“Dalam seharian kemarin cuaca tidak mendukung, sehingga kami memutuskan menunda proses evakuasi,” imbuhnya.

Wagus Hidayat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nduga dan aparat keamanan yang telah mendukung dalam proses evakuasi ini.

“Ya saya berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Nduga dan juga aparat karena sudah membantu evakuasi sehingga berjalan aman dan lancar,” ungkap Wagus Hidayat.

Baca juga: KKB Papua Tembaki Pesawat SAM Air di Bandara Kenyam, Pemkab Nduga Sampaikan Permintaan Maaf

Selanjutnya, pesawat SAM Air itu akan dibawa ke Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, untuk dilakukan pemeriksaan dan perawatan.

“Jadi kami bawa dulu ke Timika, setelah itu ke Sentani untuk proses pemeriksaan pesawat lebih lanjut,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved