UMKM Papua

Kabar Gembira, UMKM Papua Berpeluang Masuk Pasar Ekonomi Digital

Ini tak kami ragukan, apalagi pelaku UMKM Papua mendapat dukungan dari mitra-mitra kerja, seperti Bank Indonesia, Telkom dan lainnya

Tribun-Papua
UMKM PAPUA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua, memiliki peluang besar untuk masuk ke ekonomi digital dalam hal pemasaran produk secara online. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menilai para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Papua, memiliki peluang besar untuk masuk ke ekonomi digital dalam hal pemasaran produk secara online.

Bangga Buatan Indonesia, BI Papua Gelar Gebyar UMKM Lokal di Mall Jayapura

Hal itu disampaikan, Staf Khusus Menkominfo, Philip Gobang, Sabtu (16/7/2022) di Jayapura setelah melihat produk-produk UMKM di Tanah Papua ini.

"Ini tak kami ragukan, apalagi pelaku UMKM Papua mendapat dukungan dari mitra-mitra kerja, seperti Bank Indonesia, Telkom dan lainnya yang rutin melakukan pembinaan maupun pendampingan," katanya.

Makanya Kementerian Kominfo mendorong pelaku UMKM di Papua untuk mulai bermigrasi ke berbagai platform digital dalam memasarkan produknya, sehingga dapat semakin bertumbuh dan berkembang menuju pasar global. 

Pemkab Jayapura Buka Lapak UMKM di Kantor Bupati, Asisten Sekda: Peningkatan PAD!

Oleh karena itu, diharapkan para UMKM di Papua semakin maju selangkah dan bisa bersaing dengan para pelaku usaha lainnya di seluruh tanah air. 

Kata Philip, UMKM saat ini menjadi penopang utama bagi perekonomian nasional. Buktinya, produk UMKM telah memberi kontribusi sekitar 61 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

“Nilai ini sangat besar sekali kekuatan ekonomi digital dan presiden mendorong ekonomi digital ini yang masuk UMKM," ujarnya.

Dukung UMKM, HKJM Bakal Gelar Bazar Kuliner Khas Jawa Madura di Papua

Oleh karenanya, sambung dia, Kementerian Kominfo dan mitra kerja akan terus bekerja keras memberikan literasi digital bagi masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk kepentingan sosial dan ekonominya ke depan.

"Kami akan terus melakukan berbagai program agar peluang ekonomi masyarakat bisa tersalurkan melalui ruang digital yang tersedia dan itu menjadi potensi ekonomi yang sangat besar bagi Indonesia," katanya.

Kadin Dorong Produk UMKM Papua Bisa Dipasarkan Melalui Aplikasi Amazon

Ia menambahkan dan nanti program yang berjalan saat ini tentu saja tidak berakhir disini. Pendampingan dan pelatihan terhadap UMKM akan terus berjalan.

"Tujuannya untuk memenuhi target besar di Peta Jalan Digital Nasional, meliputi Infrastruktur Digital, Masyarakat Digital, Ekonomi Digital dan Pemerintahan Digital," tutupnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved