Bupati Mamberamo Tengah Masuk DPO karena Diduga Kabur ke PNG, KPK Juga Keluarkan Surat Pencekalan

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) masuk DPO KPK. Selain itu, KPK juga telah keluarkan surat pencekalan terhadap RHP.

Tribun-Papua.com/Marselinus Labu Lela
Bupati Mamberambo Tengah, Ricky Ham Pagawak - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) masuk DPO KPK. Selain itu, KPK juga telah keluarkan surat pencekalan terhadap RHP. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak (RHP) yang menjadi tersangka kasus suap dan gratifikasi proyek pembangunan di Mamberamo Tengah, Papua, kni masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani.

RHP masuk DPO KPK lantaran menghilang ketika akan dijemput paksa.

Dilansir Kompas.com, sebelum dijadikan DPO, sambung Faizal, KPK juga sudah mengeluarkan surat pencekalan terhadap RHP agar yang bersangkutan tidak kabur ke luar negeri.

Baca juga: Bupati di Papua Melarikan Diri ke PNG saat Hendak Diperiksa KPK, Ini Sosok RHP

MUSDA DEMOKRAT - Ricky Ham Pagawak (RHP), saat diwawancarai awak media di Kota Sentani termasuk Tribun-Papua.com, pada Sabtu (19/3/2022).
MUSDA DEMOKRAT - Ricky Ham Pagawak (RHP), saat diwawancarai awak media di Kota Sentani termasuk Tribun-Papua.com, pada Sabtu (19/3/2022). (Istimewa)

"Kalau dicekal sudah, datanya sudah masuk di semua kantor imigrasi," kata Faizal melalui pesan singkat, Minggu (17/7/2022).

Sebelumnya, sejak 6 Juni 2022 KPK memulai proses hukum dugaan kasus suap dan gratifikasi proyek pembangunan di Mamberamo Tengah.

KPK kemudian meminta bantuan Polda Papua untuk mencari Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak untuk diperiksa karena yang bersangkutan mangkir dari dua kali panggilan yang telah dikeluarkan KPK.

"Iya kami diminta mencari RHP sebagai tersangka," kata Faizal di Jayapura, Jumat (15/7/2022).

Hanya saja, setelah sempat terlihat di Jayapura pada Rabu siang, RHP kemudian menghilang.

Baca juga: Aktivitas di Mamberamo Tengah Papua Lumpuh, Akses Dipalang: ASN dan Pedagang Mengungsi ke Wamena

Faizal menyebut proses pencarian RHP dilakukan hampir di seluruh penjuru Jayapura.

Akhirnya, diketahui bahwa pada Kamis (14/7/2022) pagi, RHP terlihat di Pasar Skouw yang merupakan kawasan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini (PNG), sehingga kuat dugaan RHP saat ini sudah melarikan diri ke negara tersebut.

"Terakhir kita dapatkan informasi dia diantar di Pasar Skouw, Kamis (14/7/2022) pagi. Kita masih upayakan, kita sebarkan jaringan kontak-kontak kita di sebelah," ungkap Faizal.

3 Polisi Ajudan RHP Ditahan

Propam Polda Papua juga telah menahan tiga anggota polisi terkait pengembangan dugaan kasus suap dan gratifikasi proyek pembangunan di Mamberamo Tengah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved