Pemprov Papua

Disnaker Papua Lakukan Pemagangan Khusus OAP untuk Mengurangi Pengangguran

Kami utamakan di dunia usaha dan industri, jadi rekrut ini harus banyak anak Papua untuk menekan angka pengangguran

Penulis: Stella Lauw | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
KETERANGAN - Kepala Bidang Dinas Dinas Perindustian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua, Hans Himber memberi penjelasan terkait pemagangan yang dilakukan dinasnya dengan mengutamakan OAP. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kepala Bidang Tenaga Kerja Kerja Provinsi Papua, Hans Himber mengatakan pemagangan dalam negeri yang diadakan dinasnya mengutamakan Orang Asli Papua (OAP) untuk menekan angka pengangguran di Bumi Cenderawasih. 

"Kami utamakan di dunia usaha dan industri, jadi rekrut ini harus banyak anak Papua untuk menekan angka pengangguran," katanya di Jayapura, Senin, (18/7/2022). 

Pemprov Papua Terima Kunjungan Komisi IX DPR RI, Bahas Sejumlah Isu Krusial!

Ia menambahkan pegangguran dari tahun 2021 turun dari 4,28 persen jadi 3,33 persen pengganguran terbuka.

Disperindagkop dan Ketenagakerjaan Provinsi Papua mengharapkan tenaga-tenaga yang direkrut untuk dimagangkan ini bisa terserap. 

"Harapan kami tenaga magang 120 ini bisa terserap di dunia usaha dan industry.Kalau memang tidak semuanya, minimal 70 persen terserap," katanya

Lanjut Hans mengatakan, pemagangan tersebut agar semua tenaga bisa terserap dengan baik baik di dunia industri dan usaha.

Pemprov Papua Luncurkan TTE Aplikasi SIMDA Keuangan

Sebanyak 150 orang dari tiga kabupaten yaitu Merauke sebanyak 10 orang, Timika sebanyak 10 orang dan Biak sebanyak 10 orang serta 120 lainnya dari Kota Jayapura. 

Hans berharap para peserta pemagangan ini bisa mempunyai peluang kerja yang besar karena mempunyai sertifikat kompetensi.

Ini merupakan program pemerintah pusat, dana dari APBN. Ia berharap pada tahun 2023 adanya sharing dana dari APBD atau dana Otonomi Khusus (Otsus) serta anggaran pusat. 

Perkuat Tenaga Dokter, Pemprov Papua Bakal Bangun Rumah Sakit Vertikal di Uncen

Pemagangan ini dibutuhkan skill dan dinas tersebut memberikan pembekalan yaitu budaya dan disiplin kerja yang harus diutamakan para peserta di perusahaan. 

"Kalau budaya kerja harus disiplin, sebelum mereka turun ke pemagangan kami memberikan bekal, karena ketentuan selanjutnya di perusahaan kami hanya mengarahkan. Sesuai dengan ketentuan perusahaan," katanya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved