Wisata Papua

Wisata Papua: Melihat Pesona Keanekaragaman Hayati di Taman Nasional Wasur Merauke

Taman Nasional Wasur di Merauke adalah destinasi wisata Papua yang sayang untuk dilewatkan.

Penulis: Astini Mega Sari | Editor: Astini Mega Sari
(Kompas.com/ Dian Maharani)
Pemandangan di Taman Nasional Wasur, Papua - Taman Nasional Wasur di Merauke adalah destinasi wisata Papua yang sayang untuk dilewatkan. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Taman Nasional Wasur adalah destinasi wisata Papua yang sayang untuk dilewatkan.

Taman Nasional Wasur berlokasi di Kabupaten Merauke, Papua.

Taman Nasional Wasur terbentang di tiga distrik, yakni Distrik Sota, Naukenjerai, dan Merauke, di Kabupaten Merauke

Dikutip dari lama resmi Taman Nasional Wasur, taman ini mengalami dua musim yaitu musim kering selama 5 sampai 6 bulan (Juni/Juli-Desember) dan musim basah selama 6 sampai 7 bulan (Januari-Juni/Juli) dalam setahun.

HARI LAHAN BASAH - Bentangan Taman Nasional Wasur dengan vegetasinya, yang meliputi beberapa distrik di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua
Bentangan Taman Nasional Wasur dengan vegetasinya, yang meliputi beberapa distrik di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua (Tribun-Papua.com/ Aldi)

Baca juga: Wisata Papua: Ini 5 Tempat yang Menarik untuk Dikunjungi saat Liburan di Merauke

Taman Nasional Wasur merupakan salah satu ekosistem lahan basah penting di Indonesia, karena memiliki potensi keanekaragaman hayati yang tinggi.

Di sini, Anda bisa melhat banyak flora dan fauna endemik wilayah Papua Selatan.

Ada 34 tipe vegetasi di Taman Nasional Wasur di antaranya adalah, hutan dominan melaleuca, padang rumput rawa, padang rumput, savana, hutan bakau, hutan pinggir sungai, hutam musim, hutan panta, hutan jarang, dan hutan co-dominan melaleuca.

Taman Nasional Wasur yang merupakan daerah lahan basah merupakan tempat yang sangat penting untuk burung-burung air di Indonesia, khususnya burung migran dari dan ke Australia dan New Zealand.

Area yang sering menjadi habitat burung migran adalah padang rumput, Danau Rawa Biru, Rawa Dogamit, Rawa Mblatar dan Pantai Ndalir.

Baca juga: Wisata Papua: 7 Fakta Taman Nasional Lorentz yang Jadi Taman Nasional Terbesar di Asia Tenggara

Sementara mamalia besar asli yang terdapat di kawasan TN Wasur adalah tiga marsupial yaitu kanguru lincah (Macropus agilis), kanguru hutan/biasa (Darcopsis veterum) dan kanguru bus (Thylogale brunii).

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved