Breaking News:

Timnas Indonesia

7 Catatan Asisten Timnas Indonesia untuk Pembinaan Pemain Usia Dini, dari Komunikasi hingga Mental

Asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto memberikan catatan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk pembinaan pemain usia dini.

MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM
Nova Arianto serta asisten pelatih lain timnas U-22 Indonesia sedang berkomunikasi dalam latihan timnas U-22 Indonesia di Lapangan D, Senayan, Jakarta, 2 Maret 2021 - Asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto memberikan catatan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk pembinaan pemain usia dini. 

TRIBUN-PAPUA.COM - Asisten pelatih timnas Indonesia, Nova Arianto memberikan catatan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperbaiki untuk pembinaan pemain usia dini di Indonesia.

Melalui unggahan di akun Instagram miliknya, @novarianto30 Nova Arianto merangkum setidaknya 7 poin untuk dilakukan dalam pembinaan usia dini.

Nova merasa ketujuh poin itu yang jadi kekurangan timnas Indonesia dari 3 kelompok umur saat ini, dari timnas U-19 Indonesia hingga senior.

Ketujuh poin tersebut yakni komunikasi, movement, scanning, kualitas passing, kualitas kontrol, pass move dan mental.

Baca juga: STY Cuti Sebulan, Pelatih Vietnam Pilih Tancap Gas sebelum Bertemu Lagi dengan Timnas U-19 Indonesia

Seluruh pemain Timnas U-19 Indonesia berkeliling lapangan menyapa para pendukung usai berhasil mengalahkan Brunei pada laga kedua Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). Hingga wasit meniup pluit panjang Indonesia berhasil unggul 7-0 dari Brunei.
Seluruh pemain Timnas U-19 Indonesia berkeliling lapangan menyapa para pendukung usai berhasil mengalahkan Brunei pada laga kedua Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7/2022). Hingga wasit meniup pluit panjang Indonesia berhasil unggul 7-0 dari Brunei. (Tribunnews/Jeprima)

Untuk itu, ketujuh poin tersebut diharapkan Nova mulai dibiasakan dimasukkan ke dalam program pembinaan usia dini di Indonesia.

"Ini yg kami merasa kurang di Tim Nasional saat ini dari Timnas U 19 sampai di Timnas senior dan untuk memperbaik ini kita harus memulainya dari sepak bola usia dini karena sebelum mereka belajar taktik ada baiknya mereka dibekali tekhnik dan skill individu yang baik," tulis Nova dilansir BolaSport.com dari instagramnya.

"Ini semua menjadi tugas bersama karena kita semua ingin sepak bola Indonesia bisa terus berkembang dan berprestasi."

"Keep learning," tambahnya.

Baca juga: Puji Timnas U-19 Indonesia, Pelatih Malaysia Akui Ingin Uji Coba Lawan Garuda Nusantara

Poin pertama yang disinggung Nova adalah perihal komunikasi.

Menurutnya penting bagia pemain melakukan komunikasi di lapangan untuk distribusi bola.

Halaman
123
Sumber: BolaSport.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved