PDAM Jayapura

PDAM Jayapura Gelar FGD, Bahas Penyiapan Lahan Pembangunan IPA Air Baku Danau Sentani 

FGD yang dilaksanakan itu berfokus pada penyiapan lahan untuk kebutuhan pembangunan water treatment plan. Memanfaatkan air baku Danau Sentani.

Tribun-Papua.com/Aldi Bimantara
FGD - Dirut PDAM Jayapura Entis SutisnaN (kiri) saat membuka Focus Group Discussion (FGD) membahas penyiapan lahan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) air baku Danau Sentani di salah satu hotel di Distrik Jayapura Selatan, Selasa (19/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura menggelar Focus Group Discussion (FGD) membahas penyiapan lahan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) air baku Danau Sentani

Pantauan Tribun-Papua.com, Selasa (19/7/2022), acara tersebut berlangsung di salah satu hotel yang berada di Distrik Jayapura Selatan, dan dimulai sekira pukul 10.00 WIT.

FGD tersebut dipimpin secara langsung oleh Ketua Dewan Pengawas PDAM Jayapura H Rustan Saru dan dibuka oleh Dirut PDAM Jayapura Entis Sutisna.

Baca juga: Dirut PDAM Jayapura Raih Penghargaan Pemimpin Inspiratif 2022: Sukses Bawa Perubahan saat Pandemi

Kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com, Dirut PDAM Jayapura Entis Sutisna menyampaikan tujuan FGD terkait rencana pemanfaatan Danau Sentani sebagai sumber air baku PDAM Jayapura

"Dalam pelaksanaannya, memang sudah dibangun dari BWS Papua di mana sumber air sudah bisa diambil, tetapi belum sepenuhnya dimanfaatkan sehingga perlu dicarikan solusi bersama," tandasnya.

Entis mengatakan, pada FGD yang dilaksanakan itu pihaknya berfokus pada penyiapan lahan untuk kebutuhan pembangunan water treatment plan.

"Karena instalasi pengolahan air ini menjadi penting bagi titik awal di dalam, pemanfaatan air baku dan kelanjutannya tahap kedua Balai Prasarana Wilayah Papua yang akan membangun water treatment plan dengan reservoirnya," paparnya. 

Lelaki berkacama tersebut juga merasa bersyukur atas dukungan Pemkot Jayapura dalam hal penyiapan dana. 

Sementara itu, Penjabat Sekda Kota Jayapura Robby K Awi mengatakan komitmennya untuk terus mendukung PDAM Jayapura.

"Dapat bersama-sama menyepakati kegiatan-kegiatan PDAM Jayapura ke depannya, baik jangka pendek maupun jangka panjang," sebutnya.

Seluruh stakeholder di Kota Jayapura yang hadir dlam FGD ini, baik pemilik tanah dan juga Pemerintah serta Dewan Pengawas dari Kota dan Kabupaten Jayapura. 

"Serta instansi teknis di Provinsi Papua dan lainnya, dalam rangka membicarakan dukungan terhadap PDAM Jayapura soal pelayanan khususnya intake Kali Kampwolker di Distrik Heram," terangnya.

Adapun Pemerintah Kota Jayapura, penjabat wali kota sudah menyampaikan tanggung jawab dalam memberikan anggaran sesuai kemampuan dari APBD Kota Jayapura, namun soal besaran nilainya belum diputuskan.

Baca juga: Program Diskon 50 Persen, PDAM Jayapura Peroleh 400 Sambungan Baru

"Pemkot Jayapura juga memberikan apresiasi kepada PDAM Jayapura karena telah berkontribusi dalam pelayanan, dan dampak positif lainnya yang diberikan kepada masyarakat," tandasnya.

Ia mengharapkan, kepada pemilik hak ulayat dapat membantu PDAM Jayapura, karena ini hal yang positif untuk semua masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Turut hadir dalam FGD tersebut berbagai stakeholder di antaranya Pemkot Jayapura, BBKSDA Papua, Dewan Pengawas, dan instansi teknis terkait lainnya.(*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved