KKB Papua

Detik-detik Kontak Senjata Pecah saat Evakuasi Roy Manampiring Korban KKB Nduga Papua

KKB dikomandoi Egianus melancarkan gangguan terhadap aparat gabungan saat mengevakuasi jenazah Roy Manampiring yang bekerja sebagai operator senso.

Tribun-Papua.com/Kompas.com
KORBAN KKB - Jenazah Roy Manampiring, korban tewas ke-11 setelah dibunuh oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya, akhirnya berhasil dievakuasi ke Kenyam, Nduga, Papua, Rabu (19/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Jenazah Roy Manampiring (42), korban terakhir Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Nogolait, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, akhirnya berhasil dievakusai pada Rabu (19/7/2022) dini hari. 

Korban dibantai KKB di bawah pimpinan Egianus Kogoya, tepatnya di tanjakan Adu Mama 2 Distrik Kenyam.

Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Ramadhani  menyebut, proses evakuasi satu jenazah berlangsung dramatis.

KKB melancarkan gangguan terhadap aparat gabungan saat mengevakuasi jenazah Roy Manampiring yang bekerja sebagai operator senso.

Baca juga: Masih Ingat Yotam Bugiangge? Pecatan TNI Itu Gabung KKB dan Ikut Membantai 11 Warga Sipil di Nduga

"Satgas Damai Cartenz dan TNI yang dipimpin oleh Kapolres Nduga AKBP Rio Alexander Paranewen berhasil mengevakuasi satu orang korban penembakan KKB di Nduga, Rabu pukul 02.00 WIT," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu.

Menurut Faizal, jenazah korban baru bisa dievakuasi pada Rabu dini hari karena personel Damai Cartenz dan TNI selalu terlibat kontak senjata dengan KKB di sekitar lokasi kejadian.

"Jadi tiga hari ini kita kontak senjata terus," kata dia.

Korban, sambung Faizal, sebelumnya sudah mengetahui ada kejadian pembantaian pada Sabtu (15/7/2022) pagi dan disarankan untuk pergi ke Batas Batu.

Namun korban memilih jalan ke Kenyam bersama warga setempat dan di perjalanan bertemu dengan KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Dalam perjalanan, korban bersama masyarakat OAP bertemu dengan KKB sehingga beberapa masyarakat OAP tersebut langsung melarikan diri ke hutan dan berpisah dengan korban,” tutur Faizal.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved