Destinasi Wisata Papua

Panorama Malam Kampung Tahima Soroma Jadi Primadona Kota Jayapura

Pemandangan malam hari Kota Jayapura, bukit Jayapura City, Pelabuhan Laut Jayapura, Kantor DPRP, kemudian kawasan pusat bisnis di Dok II

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
WISATA DI PAPUA - Potret suasana malam hari Kota Jayapura dilihat dari spot wisata Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau, Distrik Jayapura Selatan Kota Jayapura Papua, Minggu (24/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau di Distrik Jayapura Selatan menjadi salah satu spot wisata populer untuk mengamati indahnya Kota Jayapura dari malam hari. 

Kerlap kerlip lampu kota dari kawasan pusat bisnis Dok II Jayapura dapat diamati dari kampung yang satu ini. 

Wisata Papua: Tugu MacArthur, Saksi Sejarah Perang Pasifik di Bumi Cenderawasih

Salah satu pengunjung bernama Ardiyanto (24) mengatakan mengunjungi Kampung Tahima Soroma Kayo Pulau, untuk menikmati panorama lanskap Kota Jayapura dari malam hari.

Santos menjelaskan dirinya merasa takjub, saat berkesempatan mengunjungi Kampung Tahima Soroma

"Dari sini, kita bisa melihat pemandangan malam hari Kota Jayapura, bukit Jayapura City, Pelabuhan Laut Jayapura, Kantor DPRP, kemudian kawasan pusat bisnis dok II dan Kantor Gubernur," katanya. 

Wisata Papua: Melihat Jejak Peninggalan Tentara Jepang saat Perang Dunia II di Gua Binsari Biak

Selain itu, ada pula jajanan papeda bungkus yang biasanya dibuat warga lokal apabila ada acara-acara keondoafian, termasuk festival. 

"Kampung ini punya potensi dan saya pikir kalau serius dikembangkan dengan paket-paket wisata yang ada, pasti orang akan lebih banyak lagi datang," jelasnya. 

Selain itu, ia juga melihat sistem persampahan sangat tertata rapih dan baik di kampung wisata tersebut. 

"Ini kan kampung di pesisir, kalau banyak orang datang, pasti butuh tempat sampah makanya saya lihat di tiap sudut kampung itu perlu ditaruh tempat sampah," jelasnya.

Wisata Papua: Menikmati Indahnya Alam Bawah Laut di Kepulauan Padaido Biak

Di lain sisi, pengunjung wisata lainnya Anafia mewawi (27) mengatakan ia dan rekan-rekan berkunjung ke Kampung Tahima Soroma, untuk berwisata. 

"Kita datang dari sore, supaya mendekati matahari masuk (terbenam), supaya bisa melihat keindahan Kota Jayapura dari arah laut, biasanya kan duduk santai sore-sore dari arah Kursi Panjang (Kupang), nah ini berbalik," jelasnya.

Wisata Papua: Menikmati Lembutnya Pasir Putih dan Deburan Ombak di Pantai Wari Biak

Dikatakannya, spot wisata Kampung Tahima Soroma sudah cukup baik, hanya saja diperlukan petunjuk lokasi spot wisata supaya pengunjung ataupun wisatawan yang baru dapat paham dan mengerti. 

"Saya juga menyarankan kalau bisa, ornamen-ornamen adat ini bisa dijelaskan pemandu wisata juga supaya wisatawan yang datang dari luar itu paham," pintanya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved