Nasional

Jokowi Tunjuk Anak Jayapura Rayu Foxconn Investasi di Indonesia

Guna meningkatkan jumlah investor asing, Presiden Jokowi khusus tunjuk seorang anak Jayapura rayu Foxconn berinvestasi di Indonesia

Instagram/@jokowi
Presiden JOko Widodo. Meningkatkan investasi luar negeri di Indonesia, Presiden Jokowi khusus tunjuk anak Jayapura rayu Foxconn berinvestasi di Indonesia. Foxconn merupakan perusahan elektronik asal Taiwan. Perusahan ini disebut juga Pabrik Perakit iPhone. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Presiden RI, Joko Widodo, selalu serius perihal investasi di Indonesia.

Seperti halnya rencana investasi Foxconn di Indonesia.

Bahkan, Jokowi tunjuk anak Jayapura rayu Foxconn investasi di Indonesia.

Pasalnya, Jokowi dan Young Liu, petinggi Foxconn telah bertemu dan membahas kelanjutan rencana investasi Foxconn di sektor kendaraan listrik di Indonesia, yang konon bernilai 8 miliar dolar AS (sekitar Rp 118 triliun).

Pertemuan tersebut juga menjadi tindak lanjut Nota Kesepahaman (MoU) terkait investasi Foxconn di Tanah Air, yang telah disepakati dengan dua perusahaan asal Taiwan, yaitu Foxconn dan Gogoro, serta dua perusahaan asal Indonesia, yaitu PT Industri Baterai Indonesia (IBC) dan PT Indika Energy Tbk (INDY), pada 21 Januari 2022 lalu.

Baca juga: RESHUFFLE: Anak Jayapura Bakal Dilengserkan Jokowi? Ini Sosoknya

Makanya, si anak Jayapura yang tak lain adalah Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, diminta rencana investasi Foxconn di Indonesia sampai terwujud dan benar-benar berjalan.

Bahlil mengatakan bahwa Jokowi mengapresiasi rencana investasi Foxconn yang akan berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan swasta nasional.

Selain itu, Jokowi juga turut mengapresiasi bahwa investasi ini bakal melibatkan pengusaha lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta diprediksi bakal menyerap sekitar 10.000 tenaga kerja.

"Bapak Presiden berharap ini segera terealisasi, dan satu konsep yg paling disenangi presiden ini adalah kolaborasi BUMN, PMA, dan swasta nasional yg melibatkan pengusaha lokal dan UMKM,” tutur Bahlil, dilansir KompasTekno, Rabu (29/6/2022).

Baca juga: Jokowi Bawa Anak Jayapura Bertemu Presiden Amerika Serikat di Washington DC

Bahlil melanjutkan bahwa rencana investasi Foxconn ini nantinya bakal diarahkan atau berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, wilayah ini menjadi salah satu lokasi pembangunan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik di Indonesia, dengan dua perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai dan LG, yang sudah lebih dulu berinvestasi di sana.

Model bisnis BOL

Foxconn merupakan perusahaan elektronik asal Taiwan yang juga disebut pabrik perakit iPhone.

Bos perusahaan tersebut, Young Liu turut memberikan apresiasi terkait dukungan Jokowi dan Bahlil untuk memfasilitasi investasi Foxconn di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved