Info Merauke

Kementan dan Komisi IV DPR RI Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani Hortikultura Merauke

Merauke sebentar lagi menjadi Ibukota Provinsi Papua Selatan, didukung meningkatkan produk lokal sehingga produk luar yang masuk dibatasi.

Tribun-Papua.com/Hidayatillah
Wakil Bupati Merauke H Riduwan bersama Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai NasDem Dapil Papua H Sulaeman L Hamzah, Direktur Eksekutif H Sulaeman L Hamzah Fauzun Nihayah, Kapolres Merauke AKBP Sandi Sultan menabuh tifa saat membuka bimtek peningkatan kapasitas petani/pelaku usaha hortikultura khususnya budidaya pengolahan dan pemasaran hasil hortikultura di Hotel Halogen Merauke, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUN-PAPUA.COM, MERAUKE - Bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani atau pelaku usaha hortikultura digelar di Kabupaten Merauke, Papua.

Bimtek ini terwujud atas kerja sama Direktorat Pengelohan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementrian Pertanian (Kementan) RI dengan Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai NasDem Dapil Papua, H Sulaeman L Hamzah.

Bimtek budidaya pengolahan dan pemasaran hasil hortikultura itu berlangsung selama 3 hari, 27-29 Juli 2022 di Hotel Halogen Merauke.

Sebelumnya, H Sulaeman L Hamzah bekerja sama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menggelar bimtek pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) selama dua hari, 25-26 Juli 2022 bagi peternak di Merauke. 

Baca juga: Sulaeman Hamzah: DOB untuk Pendekatan Pelayanan Pemerintah

H Sulaeman L Hamzah menuturkan, Merauke sebentar lagi menjadi Ibukota Provinsi Papua Selatan, sebisa mungkin didukung meningkatkan produk lokal sehingga produk luar yang masuk dibatasi.

"Bimtek tahun lalu cukup banyak, tahun ini juga banyak. Semata-mata untuk petani mengenal betul profesinya sehingga hasil yang didapatkan bisa dipasarkan dan layak konsumsi hingga kita kirim ke luar," tuturnya saat membuka bimtek, Rabu (27/7/2022). 

Pria berdarah NTT ini komitmen menjadikan Merauke sebagai lumbung pangan untuk seluruh komoditas.

Menurutnya, potensi pertanian di Merauke luar biasa. 

"Bantuan yang tersalurkan ke masyarakat, kita harapkan bisa berguna untuk kepentingan Merauke. Penerima manfaat dari waktu ke waktu bisa lebih ahli dan produknya tidak kalah dengan daerah luar," katanya.

Sulaeman L Hamzah mengajak Pemerintah Kabupaten Merauke, TNI-Polri dan seluruh elemen bersinergi membangun daerah. 

Halaman
123
Sumber: Tribun Papua
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved