Pemekaran Papua

AMPTPI Nilai Otsus Dan DOB Ibarat Pohon yang Tumbuh di Papua Tanpa Berbuah

DOB dan Otsusibarat pohon mangga yang selalu berbunga tapi tidak ada buah. Untuk itu, pohon yang tidak berguna itu harus ditebang

Tribun-Papua
SEMINAR - Asosiasi Mahasiswa Pegunungan tengah Papua se Indonesia (AMPTPI) menilai DOB Papua ibarat pohon yang berbungan tanpa berbuah di Tanah Papua. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Hendrik Rewapatara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se Indonesia (AMPTPI) Dewan Pimpinan Wilayah Timur menggelar seminar dengan tema panas, Pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus) Papua untuk siapa.

Mahasiswa Jayawijaya Tolak DOB Pegunungan Tengah, Alius Himan: Masyarakat Adat Bisa Punah

Ketua AMPTPI Wilayah Timur, Henky D Mote mengatakan, seminar ini dilangsungkan berdasarkan keluh kesah masyarakat dan rakyat Papua terkait pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) dan Otonomi Khusus (Otsus).

"Tema ini bukan sekadar AMPTPI yang keluarkan. Ini tema yang diberikan rakyat Papua dari Sorong sampai Samarai. Dan mereka sudah siapkan tema ini," kata Henky kepada Tribun-Papua.com, Kamis (28/7/2022) di Kampus USTJ, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Henky mengatakan, pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua masih menjadi topik hangat yang terus diperbincangkan, sehingga AMPTPI dan Pimpinan Mahasiswa USTJ perlu menggelar seminar ini.

Tidak Gentar, PRP Bakal Aksi Tolak DOB Akhir Juli Ini di Seluruh Indonesia

"Untuk itu, pemekaran daerah bukan menyelesaikan masalah. Justru menambah berbagai hal negatif di Bumi Cenderawasih," ujarnya

Ia berharap, para peserta seminar baik dari mahasiswa dan bukan mahasiswa bisa menerima materi dan mengkritisi tema tersebut.

"Sebagai mahasiswa harus bisa menemukan solusi, berupa tulisan untuk mengkritisi kebijakan pemerintah pusat dala hal pemekaran DOB ini," katanya.

Filep Karma: DOB dan Otsus Tidak Jamin Turunkan Eskalasi Penembakan di Papua

Mote menjelasakan, Daerah Otonomi Baru (DOB) ini ibarat pohon yang berbungan tanpa berbuah.

"Jadi DOB dan Otsusibarat pohon mangga yang selalu berbunga tapi tidak ada buah. Untuk itu, pohon yang tidak berguna itu harus ditebang," tegasnya. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved