Kementerian PUPR Wilayah II Papua

Kementerian PUPR Siapkan Dana Rp 1,5 Miliar Untuk Program Kotaku 2022 di Wamena dan Yahukimo Papua

Program Kotaku Rp 1,5 miliar, dengan sasaran target wilayah untuk tahun 2022 yaitu Kota Wamena di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Yahukimo

Penulis: Aldi Bimantara | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
PAPUA TERKINI - Kepala Balai (Kabalai) Prasarana Permukiman Wilayah (P2W) II Provinsi Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Cornelis Sagrim, saat membahas soal Program Kotaku tahun 2022, kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (28/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Aldi Bimantara

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) menyampaikan total anggaran Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk tahun 2022 sebesar Rp 1,5 miliar dengan wilayah target di Wamena dan Yahukimo.

Jalin Kerja Sama dengan Kementerian PUPR, Bank Papua Komitmen Salurkan Anggaran Tepat Sasaran

Hal itu diutarakan oleh Kepala Balai (Kabalai) Prasarana Permukiman Wilayah (P2W) II Provinsi Papua Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Cornelis Sagrim, kepada awak media termasuk Tribun-Papua.com di Jayapura, Kamis (28/7/2022).

"Iya jadi untuk total anggaran secara khusus untuk Program Kotaku sebesar Rp 1,5 miliar, dengan sasaran target wilayah untuk tahun 2022 yaitu Kota Wamena di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Yahukimo," sebutnya.

Cornelis menyampaikan pada Program Kotaku tahun sebelumnya, Kota Jayapura menjadi salah satu target wilayah pelaksanaan.

Kementerian PUPR Gandeng Bank Papua Salurkan Dana 4 Program Untuk Masyarakat

"Tetapi untuk tahun 2022 ini, karena kegiatan berbasis masyarakat ini programnya lebih disesuaikan untuk diarahkan sesuai dengan budgeting yang ada, maka hanya 2 kota yang diputuskan," katanya.

Ditanya soal penentuan 2 lokasi yang menjadi sasaran dalam Program Kotaku tahun anggaran 2022, Cornelis menuturkan hal tersebut sesuai aspirasi Komisi V DPR.

"Namun untuk kedua wilayah semisal Wamena dan Yahukimo dari sisi atau aspek kekumuhan mungkin belum masuk kriteria atau tidak memenuhi syarat, tetapi karena sudah menjadi aspirasi jadi tinggal dilaksanakan," sambungnya.

Jalin Kerja Sama Salurkan Bantuan Perumahan, Kementerian PUPR Apresiasi Bank Papua

Untuk itu, dalam konteks pengusulan daerah-daerah di Papua memang dikatakannya sudah menjadi aspirasi dan pertimbangan dewan, meskipun database indikator kota-kota kumuh di Papua juga sudah dimiliki oleh pihaknya.

"Kami tentu berharap eksekusi dari Program Kotaku tahun anggaran 2022 ini dapat berjalan lancar, dan mampu merealisasikan tujuannya," harap Cornelis.

Salurkan Bantuan Perumahan, Bank Papua Teken Kerja Sama dengan Kementerian PUPR 

Sekadar diketahui, Program Kotaku merupakan salah satu program infrastruktur berbasis masyarakat, yang memberikan peranan penting dalam rangka pencapaian tujuan Rencana Program Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 sampai 2024.

Tentunya untuk mewujudkan penuntasan permukiman kumuh yang ada di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Papua dan Papua Barat. (*)

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved