Bank Papua

Pemkot Jayapura dan Bank Papua Komitmen Terapkan Digitalisasi Transaksi Pajak dan Retribusi

Pemkot Jayapura berkomitmen melakukan digitalisasi dalam semua transaksi pembayaran yang berhubungan dengan pajak retribusi

Penulis: Stella Lauw | Editor: M Choiruman
Tribun-Papua
TRANSAKSI DIGITAL – Penjabat Wali Koya Jayapura, Frans Pekey melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Bank Papua dalam rangka penerapan kebijakan transaksi digital saat warga mengurus pajak dan bayar retribusi. 

Laporan Wartawan Tribun-Papua.com, Stella Lauw. 

TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA – Pemkota Jayapura Bersama Bank Papua berkomitmen melakukan digitalisasi semua transaksi pembayaran yang berhubungan dengan pajak dan retribusi. Penerapan tersebut, untuk memudahkan warga yang mengurus pajak dan retribusi di Kota Jayapura.

Bank Papua Gandeng Pemkot Jayapura Manfaatkan QRIS: Kini Pedagang Tak Khawatir dapat Uang Palsu 

Hal itu dikatakan Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey usai melakukan penandatanganan MoU antara Pemkot Jayapura dengan Bank Papua terkait pemanfaatan layanan QRIS dan agen Papua Pandai Bank Papua serta penerimaan penyetoran retribusi Pasar Kelapa Dua Entrop dan Pasar Inpres Tanjung Ria di ruang rapat Wali Kota Jayapura, Kamis (28/7/2022). 

"Pemerintah kota Jayapura sudah berkomitmen melakukan digitalisasi dalam semua transaksi pembayaran yang berhubungan dengan pajak retribusi," katanya.

Kerja sama tersebut akan diterapkan pembayaran digital penggunaan aplikasi QRIS bagi para pedagang pasar khususnya di Pasar Entrop dan Pasar Tanjung Ria, Dok IX. 

Jalin Kerja Sama dengan Kementerian PUPR, Bank Papua Komitmen Salurkan Anggaran Tepat Sasaran

Lanjut Frans menjelaskan, Pemkot Jayapura juga sudah melaunching program digitalisasi bagi hotel, restoran, hiburan dan reklame wajib pajak di Hotel Sahid, Entrop, Kota Jayapura. 

Frans menegaskan tujuan kerja sama MoU dengan Bank Papua ini menjadi awal yang baik untuk mendorong bagi para pedagang pasar yang dikelola Pemkot Jayapura

Frans berharap dengan aplikasi ini bisa memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha atau para pedagang untuk melakukan pembayaran retribusi pasar. 

Kementerian PUPR Gandeng Bank Papua Salurkan Dana 4 Program Untuk Masyarakat

"Bila manual, orang harus bayar ini itu tunggu uang Kembali. Sekarang tidak lagi, cukup  dengan barcode langsung transaksi pembayaran bisa dilakukan," katanya

Frans menambahkan, rencananya nanti retribusi dan pajak akan diterapkan dengan transaksi non tunai.

"Kita dorong diterapkan di semua pasar. Pasar mama-mama Papua sudah, sekarang pasar Entrop dan Pasar Tanjung Ria, nanti kita dorong Pasar Hamadi, Pasar Youtefa juga. Tetapi kita akan persiapkan terlebih dahulu," tutupnya. (*) 

Sumber: Tribun Papua
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved